Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Okt 2019 21:30 WIB

TRAVEL NEWS

20 Istilah dalam Penerbangan yang Harus Kamu Tahu

Istilah penerbangan yang perlu kamu tahu. Foto: iStock
Istilah penerbangan yang perlu kamu tahu. Foto: iStock
Jakarta - Apakah kamu pernah mendengar istilah boarding pass, take off, dan airport tax? Nah, buat kamu yang masih asing dengan maknanya bisa cek beberapa istilah penerbangan ini.

Buat kamu yang menggunakan moda tranportasi penerbangan dengan menggunakan pesawat. Ada baiknya pahami dulu istilah dalam penerbangan nih ya.


Istilah dalam penerbangan internasional tersebut rupanya penting buat kamu saat menggunakan transportasi udara, pesawat nih. Hal tersebut untuk menghindari adanya salah paham dan selamat sampai tujuan.

Berikut ini istilah dalam penerbangan dan artinya yang dirangkum oleh detikcom:

1. Arrival

Arrival merupakan bagian kedatangan di bandara (tempat pemberhentian penumpang yang baru saja mendarat dari pesawat).

2. Anything to Declare

Pertanyaan yang akan diajukan oleh petugas bea cukai untuk menanyakan penumpang apakah membawa alkohol dan rokok.

3. Alternate Aerodrome

Istilah dalam penerbangan pesawat satu ini biasanya akan diumumkan oleh kru pesawat. Dan, artinya pesawat akan mendarat di alternatif bandara lain jika tidak bisa mendarat di bandara tujuan.

4. Apron

Untuk istilah ini bukan apron yang biasa digunakan untuk melindungi baju saat memasak ya. Tapi, apron merupakan tempat parkir pesawat terbang.

Istilah penerbangan.Istilah penerbangan. Foto: iStock

5. Boarding Pass

Boarding pass adalah tanda pengenal untuk masuk ke dalam pesawat berupa secarik kertas (tiket) yang sudah tertera identitas penumpang, jam terbang dan kursi penumpang.

6. Baggage

Dalam dunia penerbangan, baggage merupakan barang bawaan penumpang. Nah, baggage ini nantinya akan diurus oleh pihak bandara untuk dimasukkan ke dalam bagasi pesawat atau kamu juga bisa membawanya ke pesawat dan ditaruh dalam bagasi kabin (carry on Luggage). Perlu diingat ya, tiap maskapai penerbangan mempunyai batasan maksimal kargo gratis dan wajib membayar bagasi untuk kelebihan muatan.

7. Baggage Tag

Setelah mengurus bagasi kargo, kamu akan mendapatkan baggage tag atau tanda yang disematkan pada bagasi tiap penumpang.

8. Booking

Istilah ini merupakan sebuah proses pemesanan untuk membeli tiket. Booking bisa kamu lakukan secara online di berbagai situs web yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat atau booking melalui resmi tiap maskapai. Setelah booking, kamu akan mendapatkan kode yang akan digunakan pada saat check-in.

9. Check In

Check In merupakan proses pengecekan data penumpang (identitas penumpang, tujuan keberangkatan, dan sebagainya). Proses check ini dapat dilakukan pada saat sebelum berangkat di tiap counter maskapai di bandara. Kini, check ini sudah dapat dilakukan melalui web check in atau check in online.

10. Check In Luggage

Check in Luggage adalah proses pemeriksaan barang bawaan penumpang yang akan disimpan dalam bagasi kargo. Di tiap maskapai, terdapat batasan berat bagasi kargo atau tidak kamu akan membayar kelebihan bagasi (extra baggage).

11. Connecting Flight

Istilah yang memiliki arti yaitu pergantian pesawat saat transit. Hal tersebut dikarenakan tidak semua maskapai dapat melakukan penerbangan langsung.

12. Delay

Delay merupakan salah satu istilah yang sering kamu dengar dalam dunia penerbangan. Delay adalah pesawat yang tertunda jam keberangkatannya karena berbagai macam faktor seperti cuaca buruk.

13. Departure

Istilah penerbangan ini merupakan kebalikan dari arti arrival, yaitu bagian keberangkatan.

Istilah-istilah dalam penerbangan saat travelling.Istilah-istilah dalam penerbangan saat travelling. Foto: iStock

14. Ditching

Ditching memiliki arti pesawat mendarat darurat di atas perairan.

15. Dangerous Good

Barang-barang yang termasuk dalam daftar membahayakan keselamatan saat perjalanan penerbangan. Misalnya, senjata tajam, bom, dan lain-lain

16. Security Check

Pemeriksaan keamanan terhadap barang bawaan penumpang dengan menggunakan alat pendeteksi (scan). Security check juga berlaku untuk para penumpang sebelum berangkat menaiki pesawat.

17. Safety Belt

Safety Belt ialah sabuk pengaman yang wajib kamu gunakan sebelum pesawat lepas landas dan sebelum melakukan pendaratan.

18.Take Off

Istilah dalam penerbangan take off-landing memiliki keterkaitan. Take off berarti pesawat akan terbang meninggalkan landasan.

19. Pax

Pax memiliki sama pengertian dengan passenger atau penumpang. Jadi, keduanya memiliki arti sama, yaitu penumpang pesawat udara.

20. Passport

Passport merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan suatu negara kepada warga negaranya yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri.



Simak Video "Nikmatnya Olahan Ikan Tombro, Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA