Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 20 Okt 2019 22:40 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Traveling tapi Mager? Robot Jepang Ini Bisa Jadi Solusi

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Robot buat traveler mager. (Foto: dok: All Nippon Airways)
Robot buat traveler mager. (Foto: dok: All Nippon Airways)
Jakarta - detikers punya destinasi wisata impian tapi belum kesampaian dikunjungi, atau malah mager alias malas gerak? Robot dari Jepang ini bisa jadi solusi.

Awal pekan ini maskapai asal Jepang, All Nippon Airways (ANA), meluncurkan robot telepresensi (telepresence robot) bernama Newme. Robot ini memungkinkan manusia untuk mendapatkan pengalaman mengunjungi suatu destinasi tanpa harus berangkat sendiri ke sana.

ANA berencana meluncurkan 1.000 robot Newme pada musim panas 2020, atau berdekatan dengan momen Olimpiade Tokyo. Selain buat wisata, Newme nantinya juga bisa digunakan untuk menghadiri pertandingan olahraga atau berbelanja.




Bentuk robot ini sendiri merupakan kombinasi dari bagian bawah yang bisa bergerak sekaligus tumpuan sebuah tiang vertikal, yang ujung bagian atasnya memiliki perangkat tablet. Robot ini dibuat oleh OhmniLabs di Pameran Gabungan Teknologi Canggih Tokyo.

Secara teknis, Newme nantinya akan mengirimkan video resolusi 2K yang membuat pengguna bisa melihat dan berinteraksi dengan lingkungan bot. Artinya, dengan berada di rumah pun traveler yang mager atau lansia yang terkendala fisik bisa diwakili jalan-jalan di tempat wisata dunia.




"Dengan menempatkan dunia di jari-jarimu, avatar akan membuka peluang dan membantu membentuk kembali semuanya mulai dari bisnis, edukasi, pelayanan kesehatan, dan hiburan," kata Presiden dan CEO ANA HD Shinya Katanozaka.

Di masa depan, ANA ingin untuk mengirimkan Newme ke destinasi yang tidak mungkin atau terlalu berbahaya untuk dikunjungi, seperti bawah laut atau bulan.

ANA juga meneliti cara-cara yang lebih praktis bagi manusia untuk menggunakan robot telepresensi, seperti bagaimana membantu mereka yang lumpuh untuk kembali ke tempat kerjanya.


(krs/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA