Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 21 Okt 2019 16:13 WIB

TRAVEL NEWS

Rinjani dan Tambora Sedang Berduka

Tim
detikTravel
Kebakaran hutan di Gunung Rinjani (Instagram BTNGR)
Kebakaran hutan di Gunung Rinjani (Instagram BTNGR)
Dompu - Kabar sedih dari Gunung Rinjani dan Tambora di NTB. Hutan di gunung-gunungnya terbakar hebat, jalur pendakian pun harus ditutup sementara.

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih melanda beberapa kawasan di Indonesia. Terbaru, di gunung-gunung favorit pendaki di NTB yakni Gunung Rinjani dan Gunung Tambora.

BACA JUGA: Ini Sebaran Titik Api di Gunung Rinjani

Untuk Gunung Rinjani, dari pantauan Tim Senaru, wilayah yang terbakar adalah jalur pendakian Senaru yang mengarah ke barat hingga wilayah Resor Anyar dan Santong sepanjang Lendang Penyeranan. Titik api sudah mengarah ke bawah mencapai tegakan hutan atau setara Pos 2 untuk wilayah Anyar.

Kecepatan angin yang relatif kencang dan kondisi vegetasi yang mudah terbakar, seperti rumput savana, alang-alang, semak, perdu, serta dedaunan kering mengakibatkan api dengan cepat meluas dan menyulitkan proses pemadaman.

Rinjani dan Tambora Sedang Berduka(Dok: BTNGR)


Tim pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Dalkarhutla) yang terdiri dari petugas Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR), TNI dan Polri hingga dengan pagi ini masih berjibaku memadamkan titik kobaran api. Masyarakat Mitra Polhut dan Masyarakat Peduli Api (MMP/MPA) juga ikut berusaha memadamkan api di jalur pendakian Gunung Rinjani di wilayah kerja Resort Senaru dan Sembalun.

BACA JUGA: Hutan Gunung Rinjani Terbakar Hebat, Semua Pendaki Selamat

Rinjani dan Tambora Sedang Berduka(Dok BTNGR)


Sementara itu dari Gunung Tambora, Sabtu (19/10) padang savana di area Doro Ncanga terbakar hebat. Cuaca ekstrem jadi salah satu faktor penyebab kebakaran hutan di kawasan Gunung Tambora. Sudah 80 hektar lahan terbakar sejak Agustus-Oktober 2019.

Luas kawasan yang terbakar tersebut tersebar di 4 jalur pendakian diantaranya, Jalur Doro Ncanga, Jalur Piong, dan Jalur Pancasila.

Rinjani dan Tambora Sedang BerdukaFoto: (Istimewa)


BACA JUGA: Cerita Pendaki Terjebak Kebakaran Hutan Gunung Tambora

Hingga kini, pemadaman di Gunung Rinjani dan Gunung Tambora masih dilakukan. Jalur pendakian di sana pun tutup sampai batas waktu yang belum ditentukan. Pendaki diharapkan mengikuti aturan yang berlaku, serta meng-update informasi.

Simak Video "Cantiknya Fenomena 'Topi Awan' Gunung Rinjani"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA