Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 27 Okt 2019 23:20 WIB

TRAVEL NEWS

Tekad Djarot Saiful Hidayat dan Istri Promosikan Kain Ulos

Budi Warsito
detikTravel
Foto: Budi Warsito/detikcom
Foto: Budi Warsito/detikcom
Medan - Djarot Saiful Hidayat dan istri, Happy Farida, punya ketertarikan khusus terhadap kain ulos. Muncullah keinginan untuk mempromosikan kain khas Adat Batak tersebut.

Djarot, anggota DPR RI dari Dapil Sumut III yang juga mantan Gubernur DKI Jakarta, berharap agar kain ulos bisa semakin dikenal. Tak hanya di tanah air, tapi juga di mancanegara.

"Istri saya punya banyak teman desainer di Jakarta. Dia juga aktif di Dekranas (Dewan Kerajinan Nasional). Sehingga ada keinginan yang kuat untuk perkenalkan lebih lagi tentang ulos ini. Boleh juga, saya pikir, istri saya jadi duta ulos," ujar Djarot, Minggu (27/10/2019).


Tekad Djarot Saiful Hidayat dan Istri Promosikan Kain UlosFoto: Budi Warsito/detikcom


"Kalau batik sudah familiar dan sudah terkenal. Nah bagaimana ulos ini bisa menjadi familiar dan bisa diterima di Indonesia dan luar negeri. Maka akan meningkatkan income daerah dan meningkatkan nilai harga jual ulos bikinnya kan tidak mudah dan prosesnya juga panjang," ucapnya.

Happy Farida menambahkan bahwa dengan sentuhan-sentuhan para desainer profesional, ulos bisa jadi lebih modern sekaligus menarik perhatian luas. "Sehingga bukan hanya masyarakat batak saja yang menggunakannya. Tapi juga masyarakat Indonesia dan warga negara asing. Saya berharap agar seluruh warga Indonesia juga cintai ulos," katanya.

Potensi ulos, menurut Happy, sangat besar untuk menembus pasar internasional. Dari pengamatannya, warga negara asing sangat menghargai karya seni.


Tekad Djarot Saiful Hidayat dan Istri Promosikan Kain UlosFoto: Budi Warsito/detikcom


"Ini kan bukan sekedar kain. Ini memiliki unsur estetika, bagaimana membuat kain ulos itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Membuatnya juga dari hati dan memiliki nilai etnis," tambahnya.

"Dengan sentuhan desainer profesional nantinya dapat lebih berkembang dan modern tanpa menghilangkan ciri khasnya," imbuhnya.

Saat berada di Medan, Djarot dan istri pun menyempatkan diri datang ke Galery Ulos Sianipar milik Robert M.T Sianipar yang berada di Jalan AR Hakim, Gang Pendidikan Medan. Di sana Djarot dan Istrinya membeli baju yang bermotif ulos serta kain ulos.




Simak Video "Anies Singgung Era Sebelumnya, Djarot: ITF Sunter Zaman Ahok-Saya"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA