Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 29 Okt 2019 21:49 WIB

TRAVEL NEWS

Kemarau Panjang, Situ Patenggang Mengering

Wisma Putra
detikTravel
Situ Patenggang Mengering (Wisma Putra/detikcom)
Situ Patenggang Mengering (Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung - Debit air di objek Wisata Situ Patenggang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat mengering diakibatkan kemarau panjang.

Situ Patenggang berada di kawasan Wisata Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Letaknya hanya berjarak sekitar tiga kilometer dari Kawah Putih.

Danau alami yang berada di atas ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut ini menjadi daerah wisata antimainstream. Khususnya di akhir pekan.




Situ Patenggang memiliki pemandangan alam yang sangat asri. Danau ini dikelilingi oleh hamparan kebun teh yang dapat menyegarkan mata.

Tidak hanya dapat menikmati lanskap pemandangan alam saja, para pengunjung dapat menaiki wahana perahu air mengelilingi danau seluas 45.000 hektar itu. Selain itu ada pula perahu angsa.

Kemarau Panjang, Situ Patenggang MengeringFoto: (Wisma Putra/detikcom)

Namun kemarau panjang nampaknya membuat Situ Patenggang surut. Hampir 50 persen debit air di obyek wisata yang dikenal sebagai tempat patilasan bertemunya Raden Kian Santang dan Dewi Rengganis bertemu itu mengering.

Pesisir danau yang sebelumnya dipenuhi air berubah menjadi daratan dan bisa diinjak oleh para pengunjung.

Selain itu, pesisir danau ini juga dijadikan sebagai tempat mencari rumput bagi para peternak. Karena rumput untuk memberi pakan ternak tumbuh subur di lokasi tersebut.

Kemarau Panjang, Situ Patenggang MengeringFoto: (Wisma Putra/detikcom)

Sebagian penarik perahu mogok beroperasi karena perahu tidak dapat leluasa berkeliling di obyek wisata ini. Selain itu, mesin perahunya menyentuh permukaan lumpur sehingga menyulitkan perahu berjalan di atas air.

Meski demikian, masih ada pengunjung yang datang ke obyek wisata ini dan menaiki perahu. Namun jumlah kunjungan diprediksikan akan terus menurun kalau hujan tak kunjung datang.

Kemarau Panjang, Situ Patenggang MengeringFoto: (Wisma Putra/detikcom)


Simak Video "Rahasia Kriuk dan Renyah Tahu Sumedang "
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA