Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 09 Nov 2019 18:30 WIB

TRAVEL NEWS

Anies: Masjid Apung Akan Beri Pengalaman Unik Beribadah

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Foto: Putu Intan Raka Cinti/detikcom
Foto: Putu Intan Raka Cinti/detikcom
Jakarta - Pembangunan Masjid Apung di Jakarta telah dimulai. Gubernur Anies Baswedan yakin Masjid Apung bisa memberi nuansa ibadah yang unik dan berbeda.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan harapannya agar Masjid Apung di Ancol bisa memberikan pengalaman unik bagi pengunjung. Hal ini ia sampaikan seusai peresmian pembangunan Masjid Apung di Pantai Ria, Ancol pada Sabtu (9/11/2019) sore.

"Pengalaman berada di masjid ini harus unik karena tempatnya di atas permukaan air laut. Tentunya memberikan kesempatan dan pengalaman berbeda dibanding masjid di daratan," ujar Anies.




Menurut Anies lagi, setiap pengunjung dapat menikmati rasanya beribadah di alam terbuka. Ia pun yakin Masjid Apung akan memberikan pengalaman unik dalam beribadah.

"Desain yang disiapkan Pak Andra Matin ini desain yang membuat para jemaah punya pengalaman bersama dengan alam. Nanti baik permukaan air laut naik turun, perubahan malam siang, posisi matahari, posisi bulan, membuat masjid ini unik," kata Anies.

Desain Masjid ApungDesain Masjid Apung ( PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk)

Masjid Apung yang dibangun di laut ini juga menggunakan teknologi pendingin alami yang berasal dari angin pantai, bukan air conditioner (AC). Selain itu pihak Ancol juga mengklaim bahwa nantinya segala bentuk limbah tidak akan dibuang ke laut.

"Prosesi pembuangan semua ini siklusnya tidak ada yang dibuang ke laut. Jadi baik itu limbah air hujan, kita juga buat penampungan untuk penyiraman. Kemudian dari waste (limbah) lain kita recycle, " terang Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Teuku Syahir Syahali.

Masjid Apung merupakan masjid pertama di Jakarta yang dibangun di atas laut. Bangunan masjid ini digambarkan layaknya siluet kapal yang melambangkan penyebaran agama Islam dari utara Jakarta.




Simak Video "Groundbreaking Masjid Apung Ancol, Anies: Kita Harap Jadi Ikon"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA