Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 10 Nov 2019 12:37 WIB

TRAVEL NEWS

Konser Tari Khas Suku Sasak Digelar di Lombok

Harianto Nukman
detikTravel
Foto: (dok. Disbudpar Lombok Utara)
Foto: (dok. Disbudpar Lombok Utara)
Lombok Utara - Promosi kesenian bertajuk Konser Seni Tari Suku Sasak digelar di Lombok Utara. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI memfasilitasi event kesenian itu.

"Kami dengan tulus memberikan dukungan bantuan supaya kemajuan kebudayaan di Lombok Utara ini terus maju dan berkembang," tutur Sandi, Kasubdit Direktorat Kesenian RI saat memberikan sambutan di hadapan warga Lombok Utara yang hadir memadati Lapangan Umum Tioq Tata Tunaq Tanjung, Sabtu malam (9/11/2019).

Sandi mengaku bangga bisa hadir walaupun harus menempuh perjalanan jauh hanya untuk menyaksikan secara langsung kesenian yang dimiliki oleh masyarakat Lombok Utara.

"Ini adalah bentuk apresiasi kami dan juga mudah-mudahan masyarakat sekitar sini juga bisa bersama-sama kita menyaksikan, kita bergembira, dan sekaligus kita melestarikan tradisi kesenian atau karya budaya dari Lombok Utara," ucapnya.

Konser Tari Khas Suku Sasak Digelar di LombokFoto: (dok. Disbudpar Lombok Utara)


Sementara itu, Kabid Kebudayaan Disbudpar Lombok Utara, Arnowadi menyampaikan bahwa sebagai kabupaten yang berbasis budaya, maka kegiatan-kegiatan yang serupa perlu diadakan di tahun-tahun berikutnya.

Secara khusus Arnowadi juga meminta kepada Kasubdit Direktorat Kesenian RI agar bisa memberikan perhatian terhadap 28 sanggar seni yang aktif di Kabupaten Lombok Utara.

"Dari ujung timur Bayan sampai dengan ujung barat Pemenang sanggar-sanggar ini masih eksis, namun karena gempa bumi itu beberapa dari peralatan tertimpa oleh gempa," terangnya.

Konser Tari Khas Suku Sasak Digelar di LombokFoto: (dok. Disbudpar Lombok Utara)


Event tersebut dibuka dengan bersama-sama menabuh alat musik tradisional Lombok, Gendang Beleq.

Berbagai pertunjukan seni tari yang disuguhkan oleh para seniman, seperti Sedah Pengaksame, tari Manuk-manukan, tari Nyoyang, tari Gandrung, tari Sireh, tari Kembang Rampe dan juga tari Rudat.

Simak Video "Tarian Gandrung, Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA