Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Nov 2019 14:23 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Festival Minum Tuak di Lombok Barat

Harianto Nukman
detikTravel
Foto: Harianto Nukman/detikcom
Foto: Harianto Nukman/detikcom
Lombok Barat - Festival minum tuak siap digelar di Kabupaten Lombok Barat. Selain minum air nira, nantinya juga ada pertunjukan seni dan budaya.

Festival yang akan berlangsung di Desa Pusuk Lestari, Kecamatan Batu Layar itu adalah upaya mendukung desa wisata berbasis industri lokal.

Desa Pusuk Lestari akan mengadakan sebuah festival yang dinamai Festival Minum Tuak Manis atau air nira. Festival ini akan dilaksanakan pada 24 November mendatang di jalur Pusuk Pas.

Kepala Desa Pusuk Lestari, Junaidi menyatakan persiapan untuk festival ini sudah mencapai 80 persen. Telah disiapkan gelas yang terbuat dari bambu, jalur forest tracking di Monkey Forest, serta jalur Trail Adventure.




Target air tuak yang dihidangkan adalah minimal 3.000 gelas. Semua instansi di Lombok Barat akan diundang, termasuk bupati dan juga Gubernur Nusa Tenggara Barat.

Selain menampilkan sejumlah produk turunan dari tuak manis seperti gula batu dan gula semut, acara ini juga akan menampilkan pertunjukan musik perkusi dengan memanfaatkan tong-tong sampah bekas dan juga tarian Gendang Beleq dari desa setempat.

Uniknya acara ini, tutur Junaidi adalah minuman tuak manis akan dihidangkan langsung dengan bumbung, yaitu alat untuk menampung tuak manis saat dipanen dan dituang ke dalam gelas yang terbuat dari ruas pohon bambu.

"Diminumnya pakai bumbung diambil langsung dari pohonnya," ujar Junaidi.




Simak Video "Kekentalan Khas Tionghoa di Musala Lombok Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA