Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Nov 2019 20:05 WIB

TRAVEL NEWS

7 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah Tanpa Tunggu Promo

Virgina Maulita Putri
detikTravel
7 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah Tanpa Tunggu Promo Foto: shutterstock
7 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah Tanpa Tunggu Promo Foto: shutterstock
Jakarta - Sudah merencanakan ingin jalan-jalan ke mana menjelang libur akhir tahun ini? Tapi belum kunjung membeli tiket pesawat karena harganya yang mahal?

Tiket pesawat untuk tujuan ke mana pun memang terhitung mahal. Agar liburan tidak sekedar jadi wacana, banyak yang khusus berburu tiket saat masa promo agar bisa mendapat harga tiket yang jauh lebih murah.




Tapi, bagaimana caranya mendapatkan tiket pesawat murah saat tidak ada promo? Jangan khawatir, berikut 7 tips berburu tiket pesawat murah tanpa menunggu promo yang dirangkum detikTravel:

1. Tentukan Periode Perjalanan

Menjelang peak season, seperti musim libur sekolah, harga tiket pesawat pasti akan melonjak tinggi. Karena itu coba geser waktu liburan kalian ke periode off-season atau tidak lama setelah libur panjang.

Selain itu, terbang saat weekday terbilang lebih murah dibanding terbang saat weekend. Harga tiket pesawat juga lebih murah jika jam keberangkatannya pada pagi hari atau tengah malam.

2. Fleksibel Soal Destinasi

Jika tidak bisa fleksibel dengan periode liburan, coba lebih fleksibel dalam menentukan destinasi liburan. Saat ini sudah banyak layanan yang bisa membantu kalian mencari destinasi wisata dengan harga tiket pesawat yang jauh lebih murah, misalnya Google Flights.

Caranya masuk ke situs Google Flights dan klik peta yang ada. Masukkan tanggal dan bandara keberangkatan dan Google akan memperlihatkan kota mana saja yang harga tiket pesawatnya paling murah dan sesuai budget kalian.

3. Terbang dengan Low Cost Carrier

Jika kalian berniat liburan ke luar negeri, coba riset mengenai low cost carrier (LCC) yang terbang ke negara tersebut. Saat ini sudah ada banyak LCC yang menawarkan penerbangan jarak jauh, termasuk AirAsia.

Harga tiket pesawat yang ditawarkan memang terbilang murah, tapi waspada dengan biaya tambahan yang dibebankan. LCC biasanya membebankan biaya untuk bagasi, mencetak boarding pass atau pembayaran menggunakan kartu kredit.

4. Gunakan Poin dan Miles

Jika kalian sudah menjadi pengguna loyal suatu maskapai penerbangan, jangan lupa untuk mendaftar keanggotaan frequent flyer. Dengan keanggotaan ini, kalian bisa mendapat poin dan miles yang bisa ditukarkan dengan tiket gratis.

Poin dan miles ini tidak hanya bisa kalian dapat dengan sering-sering terbang lho. Beberapa maskapai juga bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit dan online shopping yang tiap transaksinya bisa mendapat bonus berupa poin dan miles.



5. Cari Tiket untuk Satu Orang

Saat mencari tiket untuk rombongan, jangan beli banyak tiket sekaligus dalam satu transaksi. Maskapai biasanya memperlihatkan harga tiket tertinggi dalam tiket rombongan.

Misalnya jika kalian mencari empat kursi, maskapai akan mencarikan empat kursi dan menampilkan harga sesuai dengan harga tiket termahal. Jika kursi A harganya Rp 1 juta, kursi B Rp 1,5 juta, kursi C Rp 2 juta dan kursi D 2,5 juta, maka masing-masing kursi akan dihargai Rp 2,5 juta.

Jadi lebih baik cari tiket untuk satu orang. Setelah proses checkout selesai, baru pilih kursi kalian agar bisa duduk bersama teman-teman lainnya.

6. Aktifkan Price Alerts

Fitur 'price alerts' akan memberikan kalian notifikasi tentang harga dan waktu perjalanan yang paling cocok dengan budget yang sudah disiapkan. Beberapa layanan online seperti Traveloka dan Skyscanner telah memiliki fitur ini.

7. Jangan Tunggu Lama-lama

Strategi mencari tiket pesawat murah yang paling penting adalah jangan menunggu lama-lama. Jika sudah tahu hendak terbang ke mana dan kapan akan berangkat, sebaiknya langsung beli tiket pesawat.

Karena, harga tiket pesawat tidak akan menjadi makin murah ketika mendekati waktu keberangkatan kalian. Daripada menunggu promo yang belum tentu ada, lebih baik langsung beli tiket kalian sekarang, terutama jika penerbangan kalian masih jauh-jauh hari.




Simak Video "Tren Cashless Bikin Pengguna Traveloka PayLater Melonjak 10 Kali Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA