Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Nov 2019 23:19 WIB

TRAVEL NEWS

Apa Hasil Uji Coba Penerbangan Rute Terpanjang Sedunia?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Pesawat Qantas bernomor QF7879 (Foto: Qantas/CNN)

Qantas Berhasil Terbang di Rute Terpanjang Sedunia, Bagaimana Hasilnya?Foto: Qantas/CNN

7. Tidak abai terhadap masalah lingkungan

Melihat deret demi deret tempat duduk kelas ekonomi kosong di dalam kabin QF7879 pasti pikiran tertuju pada masalah lingkungan atau perubahan iklim. Di Inggris, hujan lebat membanjiri Heathrow, dan menurut para ahli, wilayah itu akan menghadapi tantanga besar akan adanya perubahan iklim.

Ketika pesawat akan mendarat di Sydney ada asap dari kebakaran semak-semak dan itu terkait dengan perubahan iklim. Tentu saja, penerbangan seperti QF7879 memompa lebih banyak polutan ke atmosfer dan, meski Qantas mengklaimnya sebagai program lingkungan, faktanya dunia penerbangan saat ini menjadi bagian dari masalah itu sendiri.

Yang jadi pertanyaan adalah apakah ini hanya sebuah pencitraan, kepedulian terhadap lingkungan, atau laba bertambah dengan hanya membakar lebih sedikit BBM?

8. Kendala jet lag

Obat atau cara mengatasi jet lag masih belum ditemukan meski usia penerbangan sudah lebih dari setengah abad. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan seperti memakai ikat kepala khusus, menyinari mata dengan cahaya biru, obat yang berefek samping.

Fakta bahwa dasar jet lag masih belum dipetakan oleh ilmuwan di kabin QF7879. Mereka berasal dari akademisi Universitas Monash Melbourne.

Sementara Qantas ingin rencananya disetujui regulator, para peneliti mengatakan bahwa temuan mereka dapat berkontribusi untuk meminimalkan dampak buruk jet lag. Kata penelity Monash, semua ini tentang cahaya, yakni lama paparan cahaya dan intensitas cahaya yang diterima oleh mata.

9. Tetapi bugar di penerbangan nonstop jarak jauh

Para penumpang pesawat QF7879 dianjurkan melakukan rutinitas kebugaran di atas kapal selama perjalanan 19 jam. Mereka melakukan Callisthenics atau kalistenik yang membantu melancarkan sirkulasi darah, meregangkan otot dan mengurangi kekakuan tubuh. Latihan itu juga mengurangi jet lag.

Ada tiga kali waktu makan di dalam penerbangan London-Sydney yang dirancang agar para penumpang bisa tidur di awal perjalanan dan membangunkan mereka kemudian. Misalnya, makan malam berat disajikan segera setelah lepas landas untuk membantu tubuh penumpang menghasilkan asam amino yang disebut triptofan, mendorong produksi serotonin dan melatonin, hormon yang mengatur pola tidur.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4
BERITA TERKAIT
BACA JUGA