Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 22 Nov 2019 19:30 WIB

TRAVEL NEWS

Hai Pendaki Gunung, Kok Sembarang Buang Botol Isi Air Pipismu?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Aksi Nol Sampah di Merbabu dan botol-botol isi air pipis pendaki. (Foto: Taman Nasional Gunung Merbabu/Instagram)
Aksi Nol Sampah di Merbabu dan botol-botol isi air pipis pendaki. (Foto: Taman Nasional Gunung Merbabu/Instagram)
Boyolali - Ternyata masih banyak pendaki gunung yang pipis di dalam botol dan kemudian, parahnya, membuang botol itu sembarangan. Setidaknya begitu di Gunung Merbabu.

Seperti dilihat detikcom dari akun resmi Taman Nasional Gunung Merbabu, puluhan botol berisikan air seni ditemukan tim 'Aksi Nol Sampah di Merbabu' ketika membersihkan salah satu jalur Gunung Merbabu pada 20 November 2019 lalu.

"Dalam rangka evaluasi dan persiapan rencana pembukaan jalur pendakian, serta masih dijumpainya sampah sisa-sisa pendakian sebelum penutupan jalur. Resort Selo Balai TN Gunung Merbabu beserta para relawan/volunteer melakukan aksi bersih sampah di TN Gunung Merbabu," kata Taman Nasional Gunung Merbabu dalam unggahannya.

"Kegiatan bersih sampah kali ini adalah yang kedua di bulan ini. TN Merbabu membagi-bagi bagian mana yang akan dibersihkan."

Hey Pendaki, Kencing dalam Botol Itu Sangat Menjijikkan!Foto: Taman Nasional Gunung Merbabu/Instagram

Ya, saat membersihkan sampah itulah mereka mendapatkan sejumlah botol berisikan air seni manusia di dalam botol-botol air mineral, yang dibuang sembarangan di kawasan tersebut.

"Bersih sampah ini dilakukan dua kali dalam bulan November ini. Pada tanggal 5-6 November 2019 bersih sampah fokus dilakukan di Sabana 1 Jalur Pendakian Selo. Hasilnya sampah sebanyak 2,1 kuintal yang terdiri dari sampah tisu basah, plastik, botol mineral bekas, botol kaca dan beberapa atribut atau banner komunitas," jelas TN Merbabu.

"Sampah tersebut dibakar di tungku pembakaran khusus. Dari 21 botol yang ditemukan berisi air seni dengan jumlah 1,6 liter per botol."

Hey Pendaki, Kencing dalam Botol Itu Sangat Menjijikkan!Foto: Taman Nasional Gunung Merbabu/Instagram

Disebutkan pula oleh TN Merbabu, rangkaian aksi bersih-bersih sampah kedua dilakukan 18-20 November 2019. Fokus bersih sampah dilakukan di Pos 3 dan Pos 2 Jalur Pendakian Selo. "Berat sampah yang terkumpul sebanyak 1,1 kuintal. Dari 51 botol berisi urin dengan berat rata-rata 1,5 liter per botol," tegas dia.

Tak hanya mengangkut sampah tim TN Merbabu juga membersihkan hasil tangan jahil para pendaki. Pembersihan itu menghilangkan vandalisme di berbagai papan petunjuk hingga pepohonan.

"Saat yang bersamaan dilakukan juga kegiatan pembersihan vandalisme di plat atau papan, pohon, petunjuk sepanjang jalur pendakian Selo," pungkas dia.




Simak Video "Duh! Puluhan Botol Berisi Air Seni Ditemukan di Gunung Merbabu"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA