Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 30 Nov 2019 12:18 WIB

TRAVEL NEWS

Cara Sulawesi Utara Bikin Pariwisata Sejahterakan Warga

Afif Farhan
detikTravel
Warga di Likupang yang menyewakan perahu untuk wisatawan (Afif Farhan/detikcom)
Manado - Pariwisata adalah sumber devisa yang langsung dirasakan masyarakat. Seperti yang dilakukan Sulawesi Utara ini.

"Pariwisata itu melibatkan masyarakat dan masyarakat sendiri yang langsung merasakannya," ujar Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Octavianus Estefanus Kandouw di Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Manado, Jumat (29/11/2019) kemarin pada awak media atas undangan kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).



Oleh sebab itu, Pemprov Sulawesi Utara punya cara khusus agar devisa dari pariwisata langsung dirasakan oleh warganya. Caranya dengan turis akan 2 hari ikut operator tur, 2 hari acara bebas.

"Begini, kalau turis datang pakai operator tur, pasti uangnya habis untuk operator turnya saja. Dari sewa mobil sampai beli oleh-oleh, semua punya operator turnya itu," terang Steven.

Cara Sulawesi Utara Bikin Pariwisata Sejahterakan Warga Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Octavianus Estefanus Kandouw (Afif Farhan/detikcom)


"Jadi yang dimaksud '2-2', setelah 2 hari ikut operator tur, 2 hari berikutnya turis acara bebas. Mereka bisa sewa mobil sama warga, beli makan di restoran, dan lainnya. 2 Hari acara bebas itu, uang turis langsung dirasakan warga," tambahnya.




Cara Sulawesi Utara Bikin Pariwisata Sejahterakan Warga Wisatawan di Likupang (Afif Farhan/detikcom)


Menurut Steven, hal itu sudah dilakukan dan dimonitoring langsung oleh pihak Pemprov Sulawesi Selatan. Dinilai sudah efektif berjalan.

"Rata-rata turis datang ke Sulawesi Utara spending-nya Rp 15 juta. Uang itu dirasakan langsung oleh masyarakat," tutupnya.

Simak Video "Melihat Pembuatan Kue Kolongmbeng Khas Sulawesi Utara"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA