Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Des 2019 06:45 WIB

TRAVEL NEWS

'Pantai Busa' di India, Tampak Indah tapi Bikin Resah

Bonauli
detikTravel
Pantai Marina Chennai di India, tertutup busa. (AP Photo/R.Parthibhan/CNN)
Pantai Marina Chennai di India, tertutup busa. (AP Photo/R.Parthibhan/CNN)
Chennai - Pantai Marina di Chennai, India kini jadi sorotan. Sudah seminggu pantai ini tak kelihatan pasirnya, tapi justru berbusa putih bagaikan tertutup salju. Jadi seperti "Pantai Busa".

Fenomena busa putih itu terjadi seminggu ini, sebagaimana dihimpun detikcom dari CNN, Selasa (3/12/2019). Setelah diteliti, busa yang memenuhi pantai ini tak begitu saja muncul.

Seorang pejabat senior Dewan Pengendalian Polusi mengungkapkan, hujan lebat yang terjadi beberapa hari terakhir menyebabkan aliran air di lembah sungai Adyar telah meningkat. Hal itu bercampur dengan limbah stagnan yang mengandung tingkat tinggi fosfat.

Limbah dan air yang berlebihan kemudian bergerak memasuki laut. Karena adanya proses aduk, terbentuklah busa yang kemudian dibawa oleh gelombang dan memenuhi bibir pantai.

Fenomena Busa di Pantai Kota Terpanjang India Busa di Pantai Kota Chennai, India. (Foto: Arun SANKAR / AFP)

Melihat Pantai Marina, salah satu lokasi dengan garis pantai terpanjang dunia, dipenuhi busa tak menyurutkan antusiasme warga setempat. Mereka malah berbondong-bondong datang dan tampak antusias bermain di antara busa-busa tersebut.

Padahal busa-busa ini bisa dikatakan beracun. Bisa dibayangkan, beberapa perusahaan farmasi juga menyumbang limbahnya ke Sungai Cooum tanpa ada perlakuan khusus. Kandungan kimia yang berbahaya tak tersaring dan warga terpapar langsung dari busa-busa ini.

Fenomena Busa di Pantai Kota Terpanjang India Busa di Pantai Kota Chennai, India. (Foto: Arun SANKAR / AFP)

Meski terlihat indah karena berwarna putih bagai salju, tapi busa-busa ini juga menimbulkan keresahan. Di daerah dekat Srinivasapuram, dekat Pattinapakkam, tercium bau menyengat ketika busa-busa ini melayang di udara.

Pejabat penanganan polusi di India berharap semoga polusi busa-busa tersebut akan surut dalam hitungan hari.




Simak Video "Buih Putih dari PLTU Paiton Kotori Pantai Bohai Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA