Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Des 2019 22:45 WIB

TRAVEL NEWS

Bandara Changi Makin Canggih, Bagian Imigrasi Diganti Mesin

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi Thinkstock
Ilustrasi Thinkstock
Jakarta - Warga Singapura tak perlu cek paspor lagi saat ke luar negeri. Mereka cukup melewati mesin yang nantinya akan membaca data mereka.

Biasanya saat ingin keluar negeri atau pulang dari negara lain, kita akan melewati imigrasi dan nantinya petugas akan mengecek paspor kita. Namun warga Singapura tidak akan melakukan pengecekan dengan petugas lagi. Mereka cukup melewati mesin saja.



Dilansir detikcom, Rabu (4/12/2019) tepat hari ini, Immigration and Checkpoints Authority (ICA) Singapura mengumumkan bahwa warga Singapura tidak perlu lagi memindai paspor dan scan sidik jari saat masuk ke Singapura. Mereka cukup memindai iris mata saja.

Nantinya mesin akan membaca data mereka dan mengeluarkan data imigrasi dari warga Singapura ini. Hal ini dicetuskan untuk membantu menghindari masalah verifikasi dengan sidik jari yang memudar karena penuaan, kering ataupun rusak.

Untuk awal, warga Singapura yang berusia 6 tahun ke atas yang berawalan nama 'K' dan telah memegang paspor semenjak 1 Januari 2018 telah bisa melewati proses ini. Karena warga dengan paspor baru telah memiliki informasi biometrik yang disimpan database nasional. Jadi mereka tidak perlu mendaftar.

Adapun cara kerja metode baru ini, warga Singapura akan masuk ke gate pemeriksaan. Terdapat dua gerbang yang harus mereka lewati.

Di gerbang pertama, pelancong akan memindai iris mata dan wajahnya. Jika berhasil dikenali, gate pertama akan terbuka dan akan lanjut ke gate kedua.

Pada saat di gate kedua, identitas si pelancong akan dipastikan kembali hingga proses selesai. Jika yang melewati adalah orang yang sama, maka gate kedua akan terbuka.

Sistem pemeriksaan otomatis ini akan diterapkan pada tahun 2022 di Terminal 4 Changi Airport. Ini hanya berlaku untuk warga Singapura, dan turis mancanegara tetap melewati proses pemeriksaan petugas.







Simak Video "Jelang Natal, Melaney Ricardo Akan Liburan ke Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA