Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Des 2019 08:36 WIB

TRAVEL NEWS

Ide dari Jepang: Pin Peduli Ayah-Ibu yang Bawa Anak di Kereta

Syanti Mustika
detikTravel
Foto: Child Care Supporters/Facebook
Foto: Child Care Supporters/Facebook
Tokyo - Ada sebuah gerakan baru dalam lingkungan sosial Jepang. Kini ada stiker peduli ibu dan ayah yang bepergian dengan membawa bayi atau anak kecil di kereta.

Di kereta, atau transportasi umum lainnya, lazim ditemui bangku prioritas yang salah satunya ditujukan buat ibu hamil atau membawa anak kecil. Terkait itu, di Jepang kini ada gerakan kepedulian baru.


Komunitas peduli anak di Jepang bernama Child Care Supporters membagikan stiker dan pin buat orang-orang yang ingin membantu para orang tua yang membawa anak dan kerepotan di kereta. Ini merupakan langkah berempati buat para ayah dan ibu yang terkadang harus membawa banyak barang seraya mengurusi anaknya.

Ide dari Jepang: Pin Siaga Pembantu Ibu Membawa AnakFoto: Child Care Supporters/Facebook

Mereka yang sukarela membantu nantinya akan melekatkan stiker ini di tas atau baju mereka. Jadi mereka siap membantu secara sukarela siapapun yang membawa bayi atau balita di kereta.

Ide membuat stiker ini bermula saat melihat seorang ibu di kereta yang panik dan berjuang untuk menghibur bayinya yang menangis di kereta. Terlihat bahwa dia berharap ada cara supaya tangisan anaknya berhenti dan penumpang di kereta juga tidak terganggu.


Jadi dengan diluncurkannya stiker dan pin ini, komunitas peduli anak itu berharap banyak yang sukarela mengulurkan tangan di kereta dengan menghampiri orangtua yang membawa bayi atau anak kecil.

Dengan adanya gerakan sosial ini, orangtua tidak perlu lagi takut bila anak-anaknya tetiba bertingkah saat di kereta. Ini juga membantu masyarakat untuk peduli, tidak apatis. Serta orangtua yang membawa anak juga tidak perlu takut meminta bantuan orang asing saat kesusahan di kereta.




Simak Video "Kereta Tabrak Truk di Jepang, 1 Orang Tewas dan 35 Luka-luka"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA