Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 06 Des 2019 19:11 WIB

TRAVEL NEWS

Serunya Berburu Mural Cantik Singapura yang Buat Instagram Makin Keren

Mustiana Lestari
detikTravel
Nisma Bahanan di Mural Catonese Opera/Foto: Mustiana Lestari
Singapura -

Menjelajah Singapura bukan melulu soal shopping. Kamu bisa menemukan beragam aktivitas menarik yang bikin liburanmu ke Singapura jadi luar biasa. Apalagi bagi kamu yang suka banget eksplorasi, jadi bukan sekadar jalan-jalan biasa. Gimana tuh caranya?

Ajak deh teman kamu sontek challenge amazing race Temukan Impianmu yang diadakan Singapore Tourism Board beberapa waktu lalu. Dalam challenge ini, pemenang kuis Temukan Impianmu diminta untuk menemukan mural-mural cantik sekaligus terkenal yang tersebar di tiga tempat, yaitu Chinatown, Little India, dan Kampung Glam.

Dipandu hijaber cantik, Nisma Bahanan, mereka harus menemukannya dalam waktu 20 menit melalui clue yang diberikan. Alhasil, para pemenang yaitu Rizka, Yayang, dan Safira bersama rekan tim mereka finalis Hijab Hunt berlari-lari mencari keberadaan mural tersebut.

Jika mereka berhasil akan mendapatkan poin untuk diakumulasi dengan challenge yang lainnya dan berpeluang mendapatkan hadiah utama berupa voucher Ion Orchad sebesar SGD 480. Asyik banget kan? Jadi saatnya Impian Menjadi Nyata #VisitSingapore.

1. Mural di Chinatown

Nah, Safira bersama Kiko (finalis Hijab Hunt) menjadi yang pertama ditantang mencari 3 mural yang ada di Chinatown. Tak perlu waktu lama mereka sudah berhasil menemukan satu mural yaitu, Cantonese Opera karya Yip Yew Chong yang terletak di Temple Street dan South Bridge Road.

Mural ini memang sengaja dibuat untuk menunjukkan lagi semangat pertunjukan opera yang lekat dengan kostum dan riasan yang mencolok. Dulu opera ini sangat populer dan kerap dipertunjukkan di jalanan Singapura.

Serunya Berburu Mural Cantik Singapura yang Buat Instagram Makin KerenSafira dan Kiko di Mural Catonese Opera (Foto: Mustiana Lestari)

Bukan cuma para peserta challenge yang mengabadikan indahnya mural ini. Nisma pun ikut serta berfoto di mural yang tampak hidup dengan warna-warna berani ini. Tak mau banyak membuang waktu, kedua hijaber itu kembali mencari mural selanjutnya yaitu Detective Conan in Chinatown. Namun pencarian kali ini lebih sulit.

"Pada mural pencarian kedua kami sudah mulai kebingungan nggak tahu tempatnya ada di mana tapi seneng banget akhirnya bisa menemukan mural kedua di Smith Street," tandas Safira.

Serunya Berburu Mural Cantik Singapura yang Buat Instagram Makin KerenSafira di Mural Conan (Foto: Safira)

Perlu waktu belasan menit untuk akhirnya mereka bisa menemukan Conan Edogawa yang sedang membeli duren itu. Hadirnya Conan sebagai mural yang digambar Yip Yew Chong ini dalam rangka menyambut peluncuran film Conan The Fist of Blue Sapphire yang mengambil lokasi di Singapura.

Kendati demikian, tim ini tidak mampu menemukan mural selanjutnya karena terbentur waktu.

2. Mural di Little India

Tak mau kalah, tim lainnya Yayang dan Syifa pun langsung ngebut menemukan mural-mural yang dijadikan tantangan untuk mereka. Sama seperti tim sebelumnya, mural pertama mereka temukan dengan mudah. Mural itu bertajuk Layers karya Shah Rizzal yang terpampang di Serangoon Road.

Mural ini menggambarkan toko-toko tradisional dan peranan pembuat batu bata. Melihat mural tersebut Shah ingin mengajak para penikmatnya untuk kembali ke masa lalu dan bernostalgia.

Serunya Berburu Mural Cantik Singapura yang Buat Instagram Makin KerenYayang dan Syifa di Mural Layers (Foto: Yayang)

Pencarian kedua pun berlanjut, namun kali ini Yayang dan Syifa harus mencari ekstra keras keberadaannya.

"Kita udah lari-lari dan udah tanya masyarakat mereka nggak tau di mana" kata Yayang yang sudah mulai putus asa. Hingga waktu pun habis dan mereka terpaksa untuk menyerah.

Padahal dekat dari Jalan Serangoon, ada mural buruan mereka yaitu murah Kathaka yang dibuat oleh Didier Mathieu. Mural ini menggambarkan wanita yang sedang menari, dengan latar putih dan biru.

Serunya Berburu Mural Cantik Singapura yang Buat Instagram Makin KerenMural Kathaka (Foto: Singapore Tourism Board)

3. Mural di Kampong Glam

Tim terakhir yang beraksi adalah Rizka dan Delvi. Belajar dari tim terdahulu, keduanya nampak lebih jeli mempelajari petunjuk yang diberikan hingga dengan mudah bisa menemukan mural pertama bertajuk Kampong Gelam karya Yip Yew Chong yang berada di sisi kanan Hotel Nuve.

Serunya Berburu Mural Cantik Singapura yang Buat Instagram Makin KerenDelfi dan Rizka di Mural Kampong Gelam (Foto: Rizka)

Dalam keterangan resminya, Yip yang sudah melukis 17 mural di Singapura ini mengaku mural Kampung Gelam menceritakan tentang peninggalan imigran Jawa dalam gambar berupa toko keranjang Pak Haji. Jika diperhatikan nuansa serba Indonesia bisa terlihat seperti batik Jawa yang juga menjadi bagian atau ikon Kampung Glam masa lampau. Dulu, memang banyak imigran asal tanah Jawa yang bermigrasi ke Singapura.

Karya mural kedua yang ditemukan mereka adalah karya dua anak bangsa bertajuk Ceno2. Baik Rizka maupun Syifa merasa antusias karena hasil karya negeri sendiri terpampang nyata di jalanan Singapura.

"Ini bagusnya adalah karya anak bangsa. Ini adalah perpaduan budaya Indonesia dan budaya Singapura, budaya terlihat dari motif batik dan blangkon," kata Rizka memperkenalkan.

Serunya Berburu Mural Cantik Singapura yang Buat Instagram Makin KerenBerfoto di Mural Ceno2 (Foto: Rizka)

Diketahui karya nyentrik ini diciptakan oleh Bunga Fatia dan Karina Deagusta. Di tembok Vintage Camera's Museum Singapura mereka menggambarkan sosok pria berbelankon dan memegang kamera serta gasing di tangannya. Keduanya membuat mural ini pada 2017 lalu dengan waktu pengerjaan 7 hari lamanya.

Nah, seru kan amazing race Story Mural Challenge ini. Kamu bisa dapat inspirasi dan mencoba petualangan mencari mural bareng sahabat kamu dan temukan cerita-cerita menarik di baliknya. angan hanya melihat-lihat, jadilah Penjelajah Sejati #VisitSingapore.





Simak Video "Amazing Race: Belanja Seru Di Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA