Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Des 2019 18:18 WIB

TRAVEL NEWS

Apa Makna Gambar Bintang pada Bendera Vietnam?

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Bendera Vietnam (Foto: iStock)
Jakarta - Vietnam punya bendera yang tampak sederhana. Namun, bendera itu menyimpan makna mendalam di balik desain bintang kuning di atas kain merah.

Jika kamu menonton pertandingan sepakbola antara Indonesia melawan Vietnam semalam, kamu pasti melihat bendera merah dengan bintang kuning di tengah melambai-lambai dari bangku penonton. Apakah kamu tahu makna di balik bendera itu?

Dihimpun detikcom dari berbagai sumber pada Rabu (11/12/2019), bendera Vietnam baru secara resmi digunakan pada 30 November 1955. Sebelumnya, bendera itu hanya digunakan oleh Vietnam Utara sejak tokoh politik Vietnam, Ho Chi Minh mendeklarasikan kemerdekaan Vietnam Utara atas Prancis pada 2 September 1945.

Pada masa itu, Vietnam masih terbagi menjadi Vietnam Utara dan Vietnam Selatan berdasarkan Perjanjian Jenewa. Vietnam Selatan yang masih dikuasai Prancis juga punya bendera sendiri yang memiliki warna dasar kuning dengan tiga garis merah horizontal di bagian tengah.

Barulah setelah perang Indocina usai antara Vietnam Utara yang dibantu China dengan Vietnam Selatan yang telah dikuasai Amerika Serikat, kedua wilayah ini sepakat untuk menggunakan bendera yang saat ini menjadi kebanggaan negara Vietnam.


Inilah Makna Bendera Merah Bintang Kuning VietnamFoto: iStock

Bendera yang memiliki warna dasar merah ini melambangkan pertumpahan darah, perjuangan, dan kesuksesan revolusi Vietnam. Sementara itu bintang kuning menandakan kepemimpinan Partai Komunis Vietnam. Bintang dengan lima sudut itu juga melambangkan lima golongan pembentuk sosialisme, yaitu cendekiawan, petani, tentara, buruh, dan pemuda.

Warna merah pada bendera Vietnam ini sebenarnya bisa dikaitkan dengan masa Revolusi Prancis pada 1789 di mana warna merah menjadi simbol politik kiri. Warna merah kemudian diadopsi oleh kelompok sosialis dan komunis.

Warna ini juga digunakan sebagai fondasi sejumlah negara komunis atau negara demokrasi sosialis seperti China, Korea Utara, dan Makedonia. Itu bisa dilihat dari bendera mereka yang punya kemiripan dengan Vietnam.



Simak Video "Tak Ada Kasus Baru Covid-19, Vietnam Kembali Buka Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA