Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Des 2019 19:45 WIB

TRAVEL NEWS

Kamu yang Suka Diving, Tahu Arti Bendera Merah Setrip Putih?

Bonauli
detikTravel
(iStock) Bendera penyelam
Jakarta - Bendera merah dengan setrip putih diagonal adalah lambang dari penyelam. Sebenarnya, apa arti dari bendera ini?

Diver flag atau bendera penyelam sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia. Wujudnya adalah warna merah dengan setrip putih diagonal. Sudah tahu makna bendera ini?

Dihimpun detikcom dari berbagai sumber, Senin (16/12/2019), ada dua jenis bendera penyelam yang dikenal secara internasional. Yang akan pertama kita bahas adalah bendera merah setrip putih.


Bendera ini dikenal dengan nama diver down flag, dive flag, scuba flag, atau kira-kira bendera selam. Dive Flag pertama kali digunakan oleh seseorang bernama Denzel James 'Doc'' Dockery.

Doc adalah seorang pengusaha yang berasal dari Michigan, Amerika Serikat. Saat itu Doc ingin membuat usaha alat selam dan pelatihan dengan gaya baru pada tahun 1953.

Saat sedang latihan di dalam laut, Doc berpikir bahwa ia harus punya tanda di permukaan laut. Sehingga kapal yang lewat tahu bahwa di dalam laut ada para penyelam.

Doc sendiri pernah mengabdi kepada negara sebagai angkatan laut. Dalam dunia pelayaran, ada bendera merah yang disebut Bravo Flag. Bravo Flag berwarna merah darah dengan sisi segitiga di sebelah kanan. Bendera ini memiliki arti 'sedang dilakukan aktivitas berbahaya'. Inilah cikal bakal dari Dive Flag.

Supaya punya ciri khas, Doc meminta istrinya untuk menjahitkan kain putih di dalam bendera. Awalnya kain putih diletakkan di tengah, tapi malah mirip bendera Austria.

Begitu dijahitkan secara vertikal, malah mirip dengan bendera tentara Navy. Tak mau putus asa, istri Doc pun menjahitkan kain putih secara diagonal. Lahirlah Dive Flag yang kini kita kenal.

Dive Flag buatannya dijadikan simbol dari usaha unit selamnya. Kemudian tanda ini dipasarkan oleh perusahaan Nixon dan dipopulerkan oleh Skin Diver Magazine. Sampai saat ini, Dive Flag akhirnya resmi jadi bendera penyelam.

Apa Arti Bendera Merah Strip Putih Saat Menyelam?Foto: (iStock)

Seperti yang disebutkan di atas, sebenarnya ada satu bendera selam yang sudah ada sejak lama, Alpha Flag. Bendera ini berwarna putih biru dengan setrip vertikal tegak lurus.

Meski berbeda, tapi dua bendera ini memiliki fungsi yang sama. Saat ada kegiatan menyelam, maka bendera ini wajib untuk dikibarkan di permukaan laut. Ini menjadi tanda bahwa di area tersebut sedang ada aktivitas menyelam. Sehingga kapal yang melintas harus mengurangi kecepatan atau menjauh dari area tersebut.

Bagaimana traveler, sudah tahu kan fungsi dari bendera ini?




Simak Video " Top! Kapal Selam Pertama Indonesia Lulus Tes Nominal Diving Depth"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA