Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Des 2019 16:00 WIB

TRAVEL NEWS

Tempat-tempat Wisata untuk Lihat Gerhana Matahari Cincin

Bonauli
detikTravel
Ilustrasi gerhana. (Foto: Hasan Al Habshy)
Jakarta - Fenomena gerhana matahari cincin akan terjadi penghujung tahun ini. Melintasi beberapa kota di Indonesia, ini beberapa tempat wisata untuk melihat fenomena alam tersebut.

Akhir tahun ini akan semakin spesial dengan adanya fenomena gerhana matahari cincin. Fenomena ini akan terjadi pada 26 Desember 2019, diintip detikcom dari BMKG, Kamis (19/12/2019).

Fenomena gerhana matahari cincin (GMC) sebenarnya terjadi 1-2 tahun sekali. Namun selama 6 tahun ke depan, Indonesia akan tak akan dilewati. Hanya kali ini saja Indonesia dilewati.


Di Indonesia sendiri, jalur cincin gerhana ini akan melewati 25 pusat kota dan kabupaten di 7 provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

Di Indonesia, waktu mulai gerhananya paling awal adalah di Sabang, Aceh, yang terjadi pada pukul 10.03.11,9 WIB. Adapun kota yang waktu mulai gerhananya paling akhir adalah di Merauke, Papua, yaitu pukul 14.37.10,4 WIT.

Rupanya, tak semua wilayah Indonesia kebagian untuk melihat GMC. Kota-kota di Pulau Jawa dan Indonesia Timur akan melihat Gerhana Matahari Sebagian (GMS). Info ini dibagikan oleh Lembaga Observasi Bosscha, Institut Teknologi Bandung. Berikut kota-kota yang akan melihat GMC dan GMS:

Ada Gerhana Matahari Cincin, Ini Tempat WisatanyaGerhana Matahari Cincin (Lembaga Observasi Bosscha)


Gerhana Matahari SebagianGerhana Matahari Sebagian Foto: (Lembaga Observasi Bosscha)

Dari banyaknya kota yang dilewati, detikcom merangkum beberapa tempat wisata di daerah yang menjadi spot terbaik untuk melihat fenomena ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA