Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Des 2019 04:55 WIB

TRAVEL NEWS

Doa Safar dan Adabnya yang Bisa Diamalkan di Liburan Akhir Tahun

Niken Widya Yunita
detikTravel
Foto: iStock/Doa Safar dan Adabnya yang Bisa Diamalkan Saat Akan liburan Akhir Tahun


4. Sholat di Darat

Menghadap kiblat adalah syarat sah salat. Tidak sah salatnya jika tidak dipenuhi. Berdasarkan firman Allah Ta'ala:


قَدْ نَرَى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي السَّمَاءِ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَاهَا فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوا وُجُوهَكُمْ شَطْرَهُ


"Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya" (QS. Al Baqarah: 144)

Maka sholat wajib yang lima waktu dilakukan di darat saat safar, tidak boleh dikerjakan di atas kendaraan. Karena sulit menghadap kiblat dengan benar.

5. Memperbanyak Doa di Perjalanan

Selama safar, kita dianjurkan memperbanyak doa. Karena ketika safar adalah waktu terkabulnya doa. Dari Abu Hurairah radhiallahu'anhu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam bersabda:


ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لاَ شَكَّ فِيْهِنَّ دَعْوَةُ الْمَظْلُوْمِ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ، وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ


"Ada tiga doa yang pasti dikabulkan dan tidak ada keraguan lagi tentangnya: doanya seorang yang dizalimi, doanya musafir, doa orang tua terhadap anaknya" (HR. Ahmad 2/434, Abu Daud no. 1536. Dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash-Shahihah).

Kesepuluh, Segera Pulang Jika Urusan Sudah Selesai




6. Cepat Pulang

Hendaknya orang yang bersafar tidak berlama-lama dan cepat pulang setelah urusannya selesai. Dari Abu Hurairah radhiallahu'anhu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam bersabda:


السَّفَرُ قِطعةٌ من العذاب؛ يمنعُ أحدَكم طعامَه، وشرابَه ونومَه، فإذا قضى أحدُكم نَهْمَتَه فليُعَجِّلْ إلى أهلِه


"Safar adalah sepotong azab, seseorang di antara kalian ada yang terhalang untuk makan, terhalang untuk minum atau untuk tidur. Maka jika kalian sudah menyelesaikan urusannya, maka hendaknya segera kembali pada keluarganya." (HR. Bukhari no.3001, Muslim no.1927).


Itulah doa safar dan adab-adabnya. Semoga saat safar kita selalu sehat dan kembali seperti sedia kala.


Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(nwy/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA