Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Des 2019 09:17 WIB

TRAVEL NEWS

Ikan Vampir: Punya Tampang Seram, Giginya Runcing dan Panjang

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: ikan Vampir (iStock)
Rio de Janeiro - Hutan Amazon menyimpan banyak misteri yang belum kita tahu. Salah satunya tentang ikan Vampir dengan gigi super tajam dan menyeramkan. Ini fakta-faktanya:

Hutan hujan tropis Amazon menyimpan misteri yang belum semuanya terungkap, termasuk para satwa yang jadi penghuninya. Salah satunya ikan Vampir yang punya tampang menyeramkan.

Dihimpun detikcom dari beberapa sumber, Senin (23/12/2019), berikut beberapa fakta menarik mengenai ikan Vampir yang memiliki nama ilmiah Hydrolycus scomberoides ini:


1. Punya gigi yang super tajam

Ikan vampir diketahui punya gigi taring yang super tajam. Ukurannya juga lumayan panjang. Gigi taring ini bisa tumbuh mencapai sekitar 10-15 cm.

Gigi super tajam ini menghiasi bagian rahang atas dan rahang bawah ikan dengan nama lokal Payara ini. Biasanya, ikan Payara yang baru lahir bagian rahangnya bolong-bolong, supaya giginya punya ruang untuk tumbuh maksimal.

2. Bisa tumbuh sampai 15 Kg

Ikan Vampir bisa tumbuh hingga berukuran panjang 1 meter di alam. Sementara berat badannya bisa mencapai 4,5-10 kilogram. Yang paling berat pernah dicatat, mencapai 20 kilogram.

Kalau di penangkaran, ikan Vampir tidak bisa tumbuh sebesar di alam bebas. Di penangkaran, ikan Vampir hanya bisa tumbuh dengan panjang maksimal 30 cm. Sedangkan beratnya paling mencapai 2-4 kilogram saja.

3. Ikan yang agresif & temperamental

Sesuai dengan penampakannya yang seram, ikan Vampir dikenal agresif di kalangan keluarga ikan air tawar yang hidup di Amazon. Mereka dikenal sebagai pemburu yang sangat kejam dan juga temperamental.

Ikan Vampir tidak pernah suka bila diletakkan di dalam akuarium bersama dengan ikan jenis lainnya. Mereka akan menyerang, bahkan membunuh spesies lain yang ada di satu akuarium dengan mereka.


Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA