Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 27 Des 2019 17:50 WIB

TRAVEL NEWS

Malam Tahun Baru, Ancol Perluas Lahan Parkir

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Foto: (Tasya/detikcom)
Jakarta - Malam tahun menjadi momen yang dinantikan oleh seluruh masyarakat. Taman Impian Jaya Ancol yang selalu ramai didatangi wisatawan saat pergantian tahun memperluas lahan parkir.

Traveler yang sudah berencana menghabiskan malam tahun baru di Ancol tak usah khawatir. Ancol yang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Transjakarta menghadirkan skema lalu lintas dan sarana parkir baru dalam mendukung terlaksananya perayaan malam tahun baru.

Selain lahan parkir yang ada di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol, masyarakat juga bisa parkir di Area C3 Kemayoran. Dari sana, pengunjung bisa naik bis transjakarta untuk sampai ke dalam ancol, tepatnya sampai ke Halte Taman Lumba-lumba. Masyarakat dibebaskan untuk memilih lahan parkir mana yang diinginkan, namun jika area Ancol sudah penuh, maka semua akan dialihkan ke area parkir C3 Kemayoran.

"Kita melakukan kolaborasi penyediaan buffer zone untuk parkir seluruh kendaraan yang ke Ancol kerja sama dengan BPK Kemayoran. Pada tanggal 31 Desember mulai jam 5 pagi, seluruh pengunjung ke Ancol diarahkan ke area parkir Kemayoran lokasi C3 Kemayoran Ancol dan ini sifatnya situasional," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo Jumat (27/12/2019) di Restoran Gubuk Mang Engking, Ancol.



Dari halte taman lumba-lumba masyarakat akan dialihkan dengan naik bus wara-wiri yang akan mengantar ke tempat tujuan. Untuk bus Transjakarta yang mengantar ke dalam Ancol dan bus wara-wiri tidak dipungut biaya.

"Jangan khawatir, ada pelayanan dari PT Ancol. Beli tiket masuk ke Ancol, naik bis gratis diantar ke dalam dan diantar ke bis wira-wiri sehingga tak ada lagi yang macet di Ancol." kata Syafrin.

Tarif untuk parkir di area C3 Kemayoran berbeda dengan parkir di dalam Ancol. Jika parkir mobil di dalam Ancol untuk mobil Rp 25.000 dan untuk motor 15.000. Parkir di area C3 Kemayoran hanya Rp 5000 untuk mobil dan Rp 2000 untuk motor.

"Tarifnya Rp 5.000 per hari, jadi tidak ada jam jam-an (roda empat). Roda dua cukup Rp 2.000 saja per hari," ungkap Syafrin

Namun untuk traveler yang menghabiskan malam tahun baru, karena terhitung dua hari di tanggal 31 dan 1 jadi harus bayar 2 kali lipat. Untuk mobil Rp 10.000 dan untuk motor Rp 4000. Parkir C3 Kemayoran diberlakukan mulai dari tanggal 31 Desember pukul 05.00 sampai tanggal 1 Januari pukul 23.59 WIB.



Adanya lahan parkir baru karena tingginya minat masyarakat yang ingin menghabiskan malam tahun baru di Ancol. Sehingga menyebabkan kemacetan dan mempersulit wisatawan yang ingin masuk.

"Kita harapkan lebih lancar lalu lintasnya. Saat penyelenggaraan pertandingan tahun, kami menghadirkan layanan yang prima yang berkunjung merayakan pergantian tahun di Ancol. Seluruh masyarakat yang bawa kendaraan pribadi roda dua roda empat tujuannya ke dalam Ancol akibatnya lalu lintas di kawasan Ancol padat dan kemacetan luar biasa berdampak pada jaringan di kawasan ini," kata Syafrin.

Simak Video "Cerita PKL Ancol: Pendapatan Anjlok-Kucing-kucingan dengan Pengelola"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA