Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 31 Des 2019 12:08 WIB

TRAVEL NEWS

Siap Nyanyi Auld Lang Syne, Lagu Wajib Malam Tahun Baru?

Kris Fathoni W
detikTravel
Ilustrasi malam tahun baru yang kini identik dengan Auld Lang Syne. (Foto: iStock)
Jakarta - Auld Lang Syne mungkin kurang familiar buat sejumlah orang, padahal saat dengar lantunan syahdunya pasti ngeh dengan lagunya. Apalagi Auld Lang Syne bagaikan lagu wajib saat malam tahun baru.

Pertama-tama, mungkin detikers yang masih belum ngeh dengan Auld Lang Syne ini harus lebih dulu menyegarkan ingatan. Sangat mungkin kamu tahu lagu ini atau minimal pernah mendengar nadanya.

[Gambas:Youtube]


Sudah lebih familiar dengan "Auld Lang Syne"? Nah, merujuk sejarahnya, seperti dikutip dari LiveScience.com, Auld Lang Syne sejatinya adalah sebuah puisi Skotlandia yang secara resmi terdokumentasi pada 1788 oleh Robert Burns, setelah penyair itu mengirimkan manuskripnya ke Museum Skotlandia.

Sementara melodi Auld Lang Syne, yang sekarang identik dengan momen perpisahan atau pergantian tahun, disebut sebagai lagu rakyat yang bahkan lebih tua dan dikenal pula di tanah Skotlandia. Menurut English Folk Dance and Song Society, Museum Skotlandia-lah yang lantas melekatkan bait-bait puisi Burns ke dalam melodi untuk mewujudkan Auld Lang Syne yang kita kenal kini.


"Ada sebuah lagu dan melodi kuno yang acapkali membuat jiwaku berdesir," kata Burns, merujuk pada melodi populer itu di dalam suratnya tertanggal 1788, menurut ensiklopedia Burns.

Dikatakan LiveScience.com, Burns mengaku "Auld Lang Syne" terinspirasi dari seorang pria tua yang didengarnya sedang melantunkan melodi kuno itu, dan varian-varian lain juga muncul sebelum tahun 1700-an.

Secara harafiah, Auld Lang Syne sendiri dapat diterjemahkan jadi "old long times" (dalam bahasa Inggris), atau kira-kira "masa yang sudah terlewati". Dengan nuansa nostalgianya, Auld Lang Syne lantas identik dalam acara pemakaman, perpisahan, dan perayaan berkelompok di wilayah Britania Raya dan Skotlandia.


Lekatnya identitas Auld Lang Syne sebagai lagu wajib malam tahun baru bermula pada 1 Januari 1929. Saat itu orkestra Guy Lombardo memainkan Auld Lang Syne di Roosevelt Hotel, New York, Amerika Serikat.

"Sedari malam itu sampai dengan (momen tahun baru) 1976, bandnya Lombardo rutin memainkan lagu tersebut di New York, yang mana juga disiarkan secara langsung; rekaman versi Lombardo ini masih dimainkan setiap tahunnya di lokasi 'ball drop' di Times Square, Manhattan," sebut LiveScience.com.

Sudah siap nyanyi Auld Lang Syne saat malam tahun baru?

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Jelang Tahun Baru, Masyarakat Mulai Merapat ke Monas"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA