Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 03 Jan 2020 08:46 WIB

TRAVEL NEWS

Mulai Tahun Ini, Turki Akan Tarik Pajak Hotel buat Turis

Foto: Ilustrasi Cappadocia (dok. Anatolian Balloons Cappadocia)
Istanbul - Mulai tahun 2020 ini, turis yang liburan ke Turki akan ditarik pajak. Kebijakan ini rencananya akan berlaku efektif pada bulan April 2020.

Pemerintah Turki berencana untuk menarik pajak hotel dari turis yang liburan ke sana. Pajak besarannya bervariasi, tergantung hotel bintang berapa tempat traveler akan menginap.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Jumat (3/1/2020), pajak ini berlaku untuk orang dewasa dan anak-anak di atas umur 12 tahun, usia di bawah itu tidak berlaku.

Turis yang menginap di hotel bintang 5 akan diminta membayar pajak sebesar 18 Lira (setara Rp 42 ribuan) per orang per malam. Sementara turis yang menginap di hotel bintang 4 akan dikenakan pajak sebesar 12 Lira (setara Rp 28 ribuan) per orang per malam.


Untuk hotel bintang 3 pajaknya sebesar 9 Lira (setara Rp 21 ribuan) dan hotel bintang 2 sebesar 6 Lira (setara Rp 14 ribuan) per orang, per hari. Nominalnya memang kecil, tapi jika diakumulasi jumlahnya bisa besar juga.

Misalnya saja traveler sekeluarga (berempat) liburan ke Turki selama seminggu menginap di hotel bintang 5, jika ditotal pajaknya mencapai 504 Lira, sekitar Rp 1 jutaan sendiri.


Dari pajak hotel untuk turis ini, Pemerintah Turki berharap bisa menghimpun dana hingga 2,5 Miliar Lira (setara Rp 5,8 Triliun). Belum pasti kapan pemerintah Turki akan menerapkan kebijakan ini. Rencananya kebijakan ini akan berlaku efektif pada April 2020.

Simak Video "4 Orang Tewas Dalam Insiden Ledakan di Pusat Kota Istanbul"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA