Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Jan 2020 22:15 WIB

TRAVEL NEWS

Tradisi Mendoakan Arwah Ayam KFC yang Telah Tiada

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Foto: Ilustrasi Kuil (@kano56/Twitter)
Tokyo -

Bagi orang Jepang, kuliner ayam goreng tepung adalah soal serius. Mereka bahkan punya tradisi mendoakan arwah ayam yang telah tiada.

Traveler pecinta kuliner pastinya sudah tak asing dengan makanan ayam goreng tepung yang kerap dijajakan sejumlah brand ternama baik di dalam negeri atau luar negeri. Soal fanatisme ayam goreng tepung, Negeri Sakura Jepang pun tak kalah dengan Indonesia.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Senin (6/1/2020), salah satu brand ayam goreng tepung ternama asal Negeri Paman Sam bahkan sampai punya upacara penghormatan khusus ayam di Jepang atau yang dinamakan Chicken Thanksgiving (Chicken Kanshasai) seperti diberitakan media Sora News 24.

Diketahui, upacara penghormatan itu dilangsungkan di sejumlah kuil Jepang pada bulan Juni. Di mana tradisi itu dilaksanakan oleh brand yang populer dengan ikon Coloner Sandernya (KFC) yang diikuti mulai dari tahap bos, komisaris sampai tukang potong ayam dan seluruh karyawannya.

Dalam upacara itu, bos dari brand ayam goreng ternama dan jajarannya tersebut akan hadir dalam balutan pakaian resmi serba hitam yang tak ada ubahnya dengan pakaian untuk melayat manusia. Hanya bukan untuk menghormati orang yang telah meninggal, melainkan arwah ayam yang tiada untuk proses produksi brand ayam goreng tepung tersebut.



Menurut perwakilan dari brand ayam goreng tepung ternama itu, tradisi tersebut diketahui telah ada sejak tahun 1974 silam. Upacara itu jadi cara mereka menghormati sekitar 22 juta arwah ayam yang dipotong oleh mereka setiap tahunnya untuk dijual. Di satu sisi, upacara ini jadi cara mereka meminta berkat dan keselamatan di tahun berikutnya seperti diberitakan media lokal J-Town Net.

Merujuk pada kepercayaan agama Shinto, setiap makhluk hidup yang memiliki roh harus dihormati. Bahkan benda-benda yang memiliki personifikasi seperti binatang atau boneka juga kerap didoakan dalam bentuk upacara di Jepang. Salah satu perusahaan elektronik di Jepang saja pernah menggelar tradisi penghormatan untuk robot anjing mereka yang akan dicopot sparepartnya.

Apabila ingin melihatnya, upacara penghormatan arwah ayam itu dapat disaksikan di KuilHigashi-Fushimi Inari di Tokyo dan Kuil Sumiyoshi Taisha di Osaka pada bulan Juni. Soal tanggal persisnya, mungkin bisa dicek di situs resmi brand ayam goreng tepung yang identik dengan Colonel Sandernya tersebut.





Simak Video "Geger Virus Corona, Olimpiade Tokyo 2020 Batal?"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA