Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Jan 2020 20:15 WIB

TRAVEL NEWS

Turis Terjebak Badai Salju di Islandia: Seperti Mau Mati

Afif Farhan
detikTravel
Turis terjebak badai salju hebat di Islandia. (Foto: Icelandic Association for Search and Rescue)
Reykjavik - Sekelompok turis terjebak badai salju hebat di Islandia selama 9 jam. Mereka mengaku serasa mau mati.

Dirangkum detikcom dari berbagai media lokal Islandia, Jumat (10/1/2020), peristiwa itu terjadi di dekat Langjokull. Kawasan gletser yang terkenal di Islandia, berada di bagian utara negaranya.

Ceritanya, 39 turis melakukan kunjungan ke sana bersama operator tur Mountaineers of Iceland. Cuaca sudah diprediksi buruk, namun belum ada larangan atau imbauan dari pemerintah.

Nahas, sekitar pukul 13.00 siang, terjadi badai salju hebat. Para turis langsung diamankan masuk kembali ke mobil.

Parahnya, mobil-mobil tersebut pun sampai terendam salju!

Turis Terjebak Badai Salju di Islandia: Seperti Mau MatiPenyelamatan turis terjebak badai salju di Islandia. (Foto: Icelandic Association for Search and Rescue)



Setelah 9 jam atau sekitar pukul 21.00, tim penyelamat Icelandic Association for Search and Rescue bisa mengevakuasi 39 turis tersebut. Beruntung, seluruh turis dalam keadaan baik.

Salah seorang turis asal Brasil, Antonio Galvani, menceritakan suasana saat terjebak badai salju. Suhu sangat dingin dan stok makanan sedikit.

"Sangat dingin suhunya, mobil kami terjebak di salju, dan kita tak punya banyak makanan dan air. Rasanya seperti mau mati," katanya.

"Operator tur terus menelpon pihak berwenang untuk bisa mengevakuasi, tapi mereka baru datang setelah 9 jam," sambung Antonio.

Turis Terjebak Badai Salju di Islandia: Seperti Mau MatiTerjebak badai salju selama 9 jam, turis mengaku serasa mau mati. (Foto: BBC)

Nicole Smiteh, turis wanita asal AS juga menceritakan suasana yang terjadi di dalam mobil. Menurutnya, sangat menyeramkan.

"Kami hanya bisa sembunyi di mobil, sangat seram. Di luar salju dan mobil kami pun sampai tertutup salju yang tebal," ujarnya.

"Beruntung, ketika tim penyelamat datang, mereka bekerja dengan cepat," tambahnya.

Turis Terjebak Badai Salju di Islandia: Seperti Mau MatiTuris terjebak badai salju. (Foto: Icelandic Association for Search and Rescue)

"Cuaca sangat ekstrem, kami menjadi 'buta'. Tapi kami terus mencari, syukurnya semua dalam keadaan baik," kata Kari Rafn Thorbjornsson, salah satu anggota Icelandic Association for Search and Rescue.



Simak Video "Badai Salju Hantam Kanada!"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA