Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 11 Jan 2020 20:00 WIB

TRAVEL NEWS

Berita Terpopuler: Upacara Arwah Ayam KFC

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Upacara penghormatan arwah ayam KFC di Jepang (@kano56/Twitter)
Tokyo - Upacara atau festival aneh apa yang pernah kamu tahu? Kalau di Jepang ada upacara teruntuk arwah ayam KFC yang populer sepekan ini.

Selama sepakan ini, berita tentang upacara teruntuk arwah ayam KFC yang dilakukan di Jepang oleh satu brand ayam goreng tepung ternama Amerika berhasil mencuri perhatian.


Menurut perwakilan dari brand ayam goreng tepung ternama itu, tradisi tersebut diketahui telah ada sejak tahun 1974 silam. Upacara itu jadi cara mereka menghormati sekitar 22 juta arwah ayam yang dipotong oleh mereka setiap tahunnya untuk dijual. Di satu sisi, upacara ini jadi cara mereka meminta berkat dan keselamatan di tahun berikutnya seperti diberitakan media lokal J-Town Net.

Merujuk pada kepercayaan agama Shinto, setiap makhluk hidup yang memiliki roh harus dihormati. Bahkan benda-benda yang memiliki personifikasi seperti binatang atau boneka juga kerap didoakan dalam bentuk upacara di Jepang.


Untuk upacara yang cukup beda ini, pihak KFC Jepang diketahui melakukan acaranya di Kuil Higashi-Fushimi Inari Tokyo dan Kuil Sumiyoshi Taisha di Osaka pada bulan Juni.

Secara teknis, sekilas upacara ini tak ada ubahnya dengan upacara orang meninggal umumnya di Kuil Jepang. Hanya saja dalam upacara itu, bos dari brandKFC dan jajarannya tersebut akan hadir dalam balutan pakaian resmi serba hitam.


Hanya bukan untuk menghormati orang yang telah meninggal, melainkan arwah ayam yang tiada untuk proses produksi brand ayam goreng tepung tersebut. Cukup berbeda dan mengundang rasa penasaran.

Melihat upacara di atas, setiap budaya di dunia tentu punya caranya sendiri untuk menghormati arwah manusia atau makhluk hidup yang telah meninggal. Di mana satu budaya tentu akan berbeda dengan budaya lain, termasuk di Indonesia.

Simak Video "Digelar Tahun Depan, Atlet-Penonton Olimpiade Tokyo Perlu Divaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA