Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 14 Jan 2020 21:45 WIB

TRAVEL NEWS

Sudah Tahu Ada Pelangi Bulat?

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Fenomena Brocken spectre alias pelangi bulat. (Adrian Conchie/instagram)
Fenomena Brocken spectre alias pelangi bulat. (Adrian Conchie/instagram)
Jakarta - Melihat pelangi setelah hujan adalah hal biasa. Tapi pendaki satu ini menemukan pemandangan pelangi bulat yang tak biasa.

Dilansir dari travel leisure, pendaki dari Inggris menemukan momen langka saat sedang berjalan di distrik danau di barat laut Inggris. Adrian Conchie melihat pemandangan indah yang disebut Brocken spectre.

Brocken spectre adalah fenomena yang muncul di mana cahaya matahari akan memproyeksikan bayangan seseorang. Spectre sebenarnya hanyalah ilusi optik yang muncul ketika matahari bersinar dari belakang seseorang yang melihat ke bawah puncak dan cahayanya bias oleh kabut.


Sehingga, di sekitar bayangan pendaki yang membelakangi sinar akan membentuk semacam pelangi bulat atau melingkar. Dalam kasus Conchie, cahaya itu tampak seperti mengelilingi kepalanya. Peristiwa ini tidak selalu terjadi pada pendaki sehingga memang cukup langka.

Foto indah ini dibagikanmelaluiinstagram oleh Conchie. Dia mengungkapkan kegembiraannya saatmelihatBrocken spectre menjelang tahun baru.

[Gambas:Instagram]


Conchie terkejut saat dia melihat fenomena langka ini saat berada di pendakian sekitar 2 km. Dia mengaku memang sangat ingin menemukan brocken spectre sejak lama.

"Saya selalu ingin melihatnya (brocken spectre) setelah melihat gambar online dan betapa menakjubkannya mereka (brocken spectre) dari teman," kata Conchie.


Momen ini terjadi saat Conchie dan teman-temannya sudah berada di puncak. Cahaya itu terlihat jelas dan ada selama beberapa saat.

"Ketika kami sampai di puncak, saya melihat ke bawah dan disana ada dan di sana ada, itu sangat jelas. Saya pikir itu akan hilang, dan kemudian tetap ada selama beberapa menit. Itu adalah pengalaman yang sangat ajaib," ungkap Conchie.

Menurut Daily Mail, Conchie dan teman-temannya melihat Brocken spectre lagi keesokan harinya. Memang hanya ilusi optik, tapi tetap indah.




Simak Video "Keren! Ilusi Optik dari Riasan Wajah 3 Dimensi "
[Gambas:Video 20detik]
(elk/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA