Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Jan 2020 18:48 WIB

TRAVEL NEWS

'Paus Terbang' Telah Mengangkasa

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Pesawat Airbus Beluga XL si paus terbang. (Foto: Getty Images)
Jakarta - Pesawat kargo super besar Airbus Beluga XL sudah resmi memasuki layanan secara penuh. Pesawat paus airbus ini jadi salah satu yang paling ditunggu-tunggu di dunia penerbangan.

Diberitakan CNN.com, airbus Beluga XL telah memasuki layanan penuh. Pesawat yang juga dijuluki 'Paus Terbang' ini melakukan penerbangan operasional pertamanya pada 9 Januari 2020.

Beluga XL, yang pertama dari enam pesawat, akan menjadi salah satu penguasa angkasa karena ukurannya yang jumbo. Pesawat ini bukan buat penumpang, tetapi Beluga akan memainkan peran penting dalam pembangunan banyak pesawat penumpang komersial yang akan kita gunakan selama beberapa dekade mendatang.

Pesawat kargo super-transporter yang dirancang oleh Airbus untuk menerbangkan komponen pesawatnya antara lokasi produksi di Eropa dan jalur perakitan terakhirnya di Toulouse, Prancis lalu di Hamburg, Jerman dan Tianjin, Cina.

Airbus Beluga XL adalah penerus Beluga atau Airbus A300-600ST yang telah beroperasi sejak 1995. Desainnya diadaptasi dari pesawat A330, dek diturunkan, dan bikin kabin kargo besar ke badan pesawat.

Pintu masuk kargo melalui palka di depan yang dapat membuka ke atas. Sayap pesawat, bagian badan pesawat dan komponen lainnya bisa dengan mudah meluncur masuk dan keluar kabin. Kabin kargo Airbus Beluga XL enam meter lebih panjang dan satu meter lebih lebar dari A330. Artinya penampang lebarnya delapan meter.

Pesawat Paus Airbus Beluga XL Memasuki Layanan PenuhPalka Airbus Beluga XL (Foto: Reuters)

Airbus Beluga XL mendapat julukan 'Paus Terbang', yang mana dikarenakan bodinya memiliki kemiripan dengan mamalia yang tinggal di Kutub Utara berwarna putih, paus beluga.

Airbus Beluga XL bermata sipit dan bermuka tersenyum. Desain itu dipilih oleh para staf Airbus setelah jajak pendapat di mana 20.000 karyawan diberi enam opsi dan diminta untuk memilih favorit mereka dengan hasil 40% suara memilihnya.

Desain Airbus Beluga XL fungsional dan juga lucu. Kargonya sangat besar, cukup untuk membawa dua sayap A350 sekaligus (Beluga generasi sebelumnya hanya bisa mengangkut satu), dan hidung pausnya meningkatkan efisiensi aerodinamis pesawat itu.

Pelatihan pilot

Bagaimana mengendalikan Airbus Beluga XL di langit? Bagi pilot, pesawat ini ini benar-benar A330.

Pilot Airbus akan dilatih dengan A330 dan kemudian mereka akan mendapatkan kualifikasi Delta yang memungkinkan mereka menerbangkan Beluga XL. Meski ada pikiran bahwa pesawat akan berjalan lebih lambat, hambatannya hampir sama.

Airbus Beluga XL ditenagai oleh dua mesin Rolls-Royce Trent 700, sama dengan yang ada di A330. Airbus memproduksi sayapnya di sebuah pabrik besar di Bandara Hawarden Inggris.

Fasilitas ini telah dimodifikasi khusus untuk kedatangan Beluga XL, seperti membuat dua set pintu untuk Stasiun Beluga Line. Satu agar sesuai dengan Beluga dan satu agar sesuai dengan Beluga XL.




Simak Video "Pesawat Trigana Miring saat Landing di Wamena, Sayap Kena Runway"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA