Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Jan 2020 06:30 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Anjing Bandara yang Tugasnya Bikin Penumpang Lebih Santuy

Putu Intan
detikTravel
Anjing di Bandara Southampton menjadi teman penumpang yang cemas sebelum terbang. (Foto: Therapy Dogs Nationwide)
Jakarta - Traveler mungkin pernah merasa takut, cemas, atau gugup sebelum naik ke pesawat. Kalau sudah begini, apa yang biasanya traveler lakukan?

Salah satu bandara di Inggris yaitu Bandara Southampton punya solusi dengan merekrut sekelompok anjing untuk membuat penumpang rileks sebelum terbang. Kelompok anjing ini disebut sebagai Canine Crew yang berasal dari Therapy Dogs Nationwide. Anjing-anjing ini akan melakukan patroli di terminal kedatangan dan keberangkatan seminggu sekali.

Seperti telah diulas di atas, peran utama mereka adalah menenangkan para pelancong yang memiliki riwayat sakit tertentu atau cemas saat akan terbang. Tak perlu khawatir karena Canine Crew ini sangat terlatih dan emosinya telah teruji penuh.


"Memiliki anjing terapi di bandara tidak hanya akan menguntungkan penumpang kami tetapi juga staf kami," kata Simon Young, kepala operasi penumpang bandara sebagaimana diwartakan Independent Online.

"Teman berkaki empat ini dikenal bisa meningkatkan kebahagiaan, kesejahteraan serta suasana hati dan kami sangat senang menyambut mereka menjadi keluarga Bandara Southampton."

Bandara Southampton adalah bandara kedua yang merekrut anjing-anjing untuk terapi penumpang biar bisa lebih santai dan rileks di atas pesawat, khususnya yang sudah mengudara.

Anjing di Bandara Ini Bikin Rileks Penumpang yang GugupFoto: Therapy Dogs Nationwide

"Saudara kami, bandara di Aberdeen adalah yang pertama di negara ini yang menguji coba Airport Therapy Dogs dan kami senang bisa meneruskan warisan itu."

Inisiatif ini pertama kali diujicobakan pada tahun 2019. Uji coba itu terbukti sangat sukses. Bandara akhirnya memutuskan untuk melanjutkan proyek tersebut menjadi kegiatan semi-permanen.


"Kami beruntung memiliki sukarelawan yang bersemangat yang menjaga kegiatan amal kami tetap berjalan, dengan membawa anjing mereka sendiri untuk memberikan kenyamanan, pengalihan, dan stimulasi," kata Paulette Hockley, petugas penempatan di Terapi Anjing Nasional.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan Bandara Southampton dan berbagi manfaat Terapi Bantuan Hewan dengan penumpang dan anggota tim."


Selain Bandara Southampton yang punya terapi dari hewan, sebelumnya ada Bandara Cincinnati/Northern Ohio yang pada 2017 lalu memperkenalkan terapi kuda.

Selama dua kali dalam sebulan, area check-in akan kedatangan sepasang kuda terapi yang akan menenangkan penumpang yang stres. Kuda-kuda ini disediakan oleh Seven Oaks Farm di Ohio, Amerika Serikat. Saking populernya kuda-kuda itu, penumpang sampai menjadwalkan penerbangan saat kuda-kuda berkunjung ke bandara tersebut.




Simak Video "Tips Melatih Anjing agar Patuh"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA