Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 19 Jan 2020 23:25 WIB

TRAVEL NEWS

Canggih! Pencet Satu Tombol, Pesawat Bisa Langsung Mendarat

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Ilustrasi pilot (iStock)
Jakarta - Teknologi dunia penerbangan makin maju saja. Sebuah perusahaan menciptakan sistem baru. Dengan memencet sebuah tombol, pesawat bisa langsung mendarat.

Perusahaan Garmin International, meluncurkan sebuah sistem baru di dunia penerbangan. Sistem ini diberi nama 'Autoland' yang bisa saja merevolusi dunia aviasi.

Dihimpun detikTravel, Minggu (19/1/2020), sistem canggih ini bisa mengontrol dan mendaratkan pesawat tanpa intervensi manusia. Untuk mengaktifkan mode ini, cukup dengan menekan satu tombol saja.

Tak harus pilot atau kopilot yang bisa menekan tombol itu, siapapun bisa. Dalam keadaan yang sangat darurat, dengan tombol itu siapapun bisa mendaratkan pesawat, termasuk penumpang.


Sekalinya diaktifkan, sistem Autoland ini akan mengkalkulasi airport mana yang bisa untuk mendaratkan pesawat dalam jangkauan jarak radius 200 mil laut. Secara otomatis, sistem akan mendaratkan pesawat ke bandara tersebut.

Sistem ini juga akan menganalisa faktor-faktor alam lain yang bisa mempengaruhi pendaratan pesawat, seperti misalnya cuaca, kecepatan angin, jumlah bahan bakar hingga berbagai rintangan lain selama mendaratkan pesawat.

Sistem Autoland bahkan bisa juga menghubungi Air Traffic Controller (ATC) dan meminta izin untuk mendarat. Dia juga akan mengontak pilot terdekat dan memberi tahu mereka bahwa pesawat akan mendarat.

"Melalui aktifasi sistem Autoland, informasi yanng dibutuhkan untuk mendaratkan pesawat akan tersedia semua. Peta, jarak, airport terdekat, estimasi waktu tiba, hingga jumlah bahan bakar. Kecepatan udara, ketinggian dan arah pesawat juga akan ditampilkan lewat label yang bisa dimengerti. Penumpang juga punya opsi untuk berkomunikasi dengan ATC," demikian pernyataan Garmin.


Sistem Autoland ini juga akan mengontrol kecepatan dan sistem pengereman saat pesawat mendarat. Sistem bisa diaktifkan kapan saja, termasuk saat pilot sedang tidak bisa menjalankan tugasnya.

Saat ini, sistem Autoland sudah bisa dipasang di pesawat kecil seperti Cirrus Vision Jet atau Piper M600. Sistem ini masih perlu sertifikasi dari Federal Aviation Administration (FAA).

Namun Garmin mengingatkan, betapa sempurnanya sistem Autoland ini, pasti juga ada kelemahannya. Garmin memperingatkan sistem ini bisa saja tidak berfungsi di area yang sangat terpencil, di atas permukaan air, kehabisan bahan bakar, atau jika terjadi kerusakan mekanik pada pesawat.




Simak Video "Dua Pesawat Kecil Tabrakan di AS, 8 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA