Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 20 Jan 2020 06:45 WIB

TRAVEL NEWS

Pantai Ini Menyala Biru, Kayak di Film Animasi!

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Foto air laut yang menyala di Selandia Baru (@alistair_bain/Instagram)
Auckland - Fenomena air laut yang menyala biru kembali terjadi. Kali ini penampakannya terjadi di pantai Selandia Baru.

Masyarakat di Auckland, Selandia Baru, dihebohkan dengan fenomena 'cahaya biru' di pantainya. Seperti diberitakan media lokal Stuff, Senin (20/1/2020), penampakannya terjadi di Tindalls Bay, Utara Kota Auckland.

Menurut peneliti kelautan bernama Daniel Ward, cahaya biru itu disebabkan oleh reaksi antioksidan di dalam organisme badan plankton untuk memproduksi cahaya, untuk mengalihkan dan menghindari predator.


Memprediksi kehadiran plankton unik itu pun bukan perkara mudah, sekali pun di air dengan temperatur hangat seperti habitat mereka.

"Untuk pengalaman terbaik melihat bioluminescience, air perlu 'diganggu' melalui hentakan air yang akan mengaktifkan sistem pertahanan mereka," ujar Daniel.

Adalah fotografer bernama Alistair Bain, salah satu warga sekitar pantai yang mendapati munculnya fenomena 'cahaya biru' di pantai dekat rumahnya tinggal. Mendapati fenomena itu, ia pun mencoba mengabadikan momen unik tersebut lebih awal saat subuh.


Terlepas dari pengalamannya mengabadikan momen saat malam, menangkap efek cahaya dari plankton biru itu ternyata tidak mudah. Ada keahlian khusus untuk memotretnya.

"Dalam kasus night fotografi kamu bisa mencari fokus pada bintang untuk menangkap keseluruhan pemandangan. Sedangkan untuk memotret bioluminescence, kita berusaha menangkap panorama dalam kegelapan," ujar Alistair.

Melihat dari fotonya, panorama air di sekitar pantai yang menyala biru terang tampak seperti dalam sebuah film animasi scifi. Padahal, itu adalah fenomena biologi yang terjadi secara natural.



Simak Video "Polisi Lalu Lintas di Selandia Baru Ditembak"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA