Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 21 Jan 2020 18:15 WIB

TRAVEL NEWS

Genjot Turis Eropa, Indonesia Pamer Keindahan di Belanda

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Vakantiebeurs 2020 (dok. KBRI Den Haag)
Utrecht - Untuk makin menggenjot kedatangan turis dari Eropa, Indonesia pun mengikuti ajang Vakantiebeurs 2020. Selama 5 hari, keindahan Indonesia dipamerkan di Belanda.

Sebagai kelanjutan dari promosi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) didukung KBRI Den Haag kembali berpartisipasi dalam Vakantiebeurs ke-50 yang berlangsung pada 15-19 Januari 2020 di Jaarbeurs, Utrecht, Belanda.

Di tahun 2019 lalu, acara ini sukses menarik 103.312 pengunjung dan 1.147 exhibitor dari 120 negara selama 5 hari pameran yang terdiri atas 2 hari trade day dan 3 hari consumer day.

Melihat hasil yang cukup sukses tersebut, tak salah jika Vakantiebeurs merupakan acara yang tepat untuk menjalankan strategi promosi dalam rangka mendongkrak jumlah wisatawan untuk mencapai target 17,5 juta pengunjung pada 2020.


Sasaran Indonesia di Vakantiebeurs adalah wisatawan dari Eropa, khususnya Belanda. Di tahun 2019, turis Belanda yang datang ke Indonesia berjumlah 202.116 orang, dengan rata-rata pengeluaran sebesar USD 1.866 per kunjungan, yang biasanya menghabiskan waktu selama 17 hari.

Genjot Turis Eropa, Indonesia Pamer Keindahan di Belanda(dok. KBRI Den Haag)
Tahun 2020 ini, Indonesia kembali bertekad untuk mempertahankan posisinya sebagai destinasi terbaik di pasar Belanda, dengan mengangkat Bali dan 5 destinasi super-prioritas, antara lain Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), dan Likupang (Sulawesi Utara).

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda, I Gusti A. Wesaka Puja hadir. Dubes Puja menyatakan bahwa KBRI Den Haag optimis kesuksesan pada tahun 2019 akan tercapai kembali, mengingat antusiasme pengunjung yang besar di paviliun Indonesia.


Ketertarikan wisatawan asing terhadap Indonesia tentunya tak lepas dari kerja keras pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI untuk terus mengembangkan destinasi-destinasi wisata baru dan memaksimalkan promosi melalui ajang Vakantiebeurs maupun melalui kegiatan-kegiatan serupa lainnya.

"Melihat keseriusan Pemri untuk memaksimalkan event ini dengan menyuguhkan paviliun yang sangat indah dan menarik, tentunya kami sangat yakin kunjungan wisatawan asing dari Eropa di masa-masa yang akan datang akan terus meningkat apalagi didukung dengan kesiapan di dalam negeri dengan berbagai destinasi baru," kata Dubes Puja seperti yang diterima detikTravel, Selasa (21/1/2020).

Genjot Turis Eropa, Indonesia Pamer Keindahan di Belanda(dok. KBRI Den Haag)
"Promosi ini juga merupakan bagian dari diplomasi publik yang tidak hanya mempopulerkan daya tarik Indonesia, tetapi juga mendukung penguatan hubungan people to people contact khususnya ketika wisatawan mengunjungi beragam destinasi wisata di Indonesia," imbuhnya.

Sedikit berbeda dari tahun lalu, paviliun Indonesia mengangkat tema utama yang menekankan pada komitmen pariwisata yang berkelanjutan, dikombinasikan dengan promosi gastronomi Indonesia.

Pada tahun ini Pemri bekerja sama dengan 18 industri pariwisata dari Indonesia terdiri atas hotel/resort, operator tur, destination management company (DMC), dan Garuda Indonesia sebagai national carrier, merepresentasikan beragam destinasi yang sedang naik daun dan produk pariwisata inovatif lainnya.

"Wonderful Indonesia menjadi lebih agresif dalam hal promosi terutama karena kami yakin bahwa 5 pengembangan destinasi super-prioritas akan selesai tahun ini, seperti yang diperintahkan oleh Presiden," kata Nia Niscaya, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Genjot Turis Eropa, Indonesia Pamer Keindahan di Belanda(dok. KBRI Den Haag)
Promosi di paviliun Indonesia terasa semakin lengkap dengan turut dipromosikan kuliner Indonesia. Di area kuliner seluas 120 m2, terletak di seberang pavilion utama, yang dijuluki "Wonderful Indonesia Terrace" turut dihadirkan Chef Agus Hermawan dari Ron Gastrobar Indonesia, yang juga merupakan duta Ikon Kuliner Indonesia di Belanda.

Untuk melengkapi pengalaman mini akan keindahan dan kekayaan budaya Indonesia, disuguhkan hidangan khas Ron Gastrobar yang sudah terkenal seperti Taco Ayam Besisit Bali, Ikan Kemiri, Rendang dan Sate Ayam. The Terrace juga bermaksud untuk mendukung pencalonan Ubud sebagai prototipe UNESCO untuk Destinasi Gastronomi Indonesia pada 2020.

Secara lengkap, aktivitas strategi promosi utama Wonderful Indonesia selama Vakantiebeurs 2020, yaitu berpartisipasi dalam Travel Congress (14 Januari 2020), Workshop media (15 Januari 2020), Business gathering dan networking (15 Januari 2020), penampilan budaya dan aktivitas digital interaktif, termasuk penampilan tari dan musik, parade kostum, serta body painting art.

Genjot Turis Eropa, Indonesia Pamer Keindahan di Belanda(dok. KBRI Den Haag)
Pengunjung juga ditantang untuk memacu adrenalin mereka dengan aktivitas digital interaktif yang memberikan sensasi berselancar di salah satu pantai di Indonesia. Hospitality juga disediakan di sisi pojok khusus bagi pengunjung untuk mencicipi beragam varian kopi, minuman eksotis, dan camilan tradisional nusantara.

Melalui event ini diharapkan Industri pariwisata di Indonesia akan terus berkembang. Wisatawan asing nantinya tidak hanya akan menikmati pesona di tiap-tiap destinasi dan mendapatkan kenyamanan di sana, tetapi juga kembali pulang ke negara mereka dengan perasaan rindu ingin datang kembali untuk berlibur ke Indonesia.

Simak Video "Sekte Akhir Zaman Ditemukan 9 Tahun Mengisolasi Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA