Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Jan 2020 08:15 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Makhluk Aneh di Pantai Amerika, Katanya 'Babi Laut'

Kris Fathoni W
detikTravel
Makhluk di pantai Folly, Amerika Serikat, yang diduga Babi Laut. (Foto: screenshot Facebook)
Jakarta -

Sebuah makhluk laut ditemukan terhanyut ke tepi pantai di Amerika Serikat. Bentuknya mirip otak, tapi ada yang bilang itu adalah 'Babi Laut'.

Penampakan makhluk itu dibagikan di Facebook oleh Alexander Ilg dari Charleston. Mengutip media NewsObserver.com, makhluk misterius itu terbawa arus ke Pantai Folly di Carolina Selatan.

"Ada yang tahu ini apa?" katanya bertanya.

Ada Makhluk Aneh Di Pantai Amerika, Diduga 'Babi Laut'Makhluk laut di pantai Folly. (Foto: screenshot Facebook)


Wujudnya yang tidak familiar buat orang kebanyakan tak ayal menuai beragam komentar. Ada yang menyebutnya 'alien laut' bahkan 'ingus hiu'.

"Kelihatan seperti bagian tubuh yang rusak," kata akun Ron Afflebach dalam terkaannya.

"Itu otak dari (seekor) tiger shark," timpal akun lain dengan nama Mitch Chisholsm Sr, menambahkan dugaan.


Belum ketahuan persis jati diri makhluk itu. Tapi disebutkan pula bahwa pembahasan dalam postingan tersebut mengerucut kepada dugaan sosok makhluk dengan nama 'tunicate/tunicata', yang dijuluki 'sea pork'. Babi laut?

Ada Makhluk Aneh Di Pantai Amerika, Diduga 'Babi Laut'Tunicate di laut. (Foto: iStock)


"Mereka biasa terbawa arus ketika suhu air bertambah dingin. Aku biasa melihatnya di pulau Sullivan pada musim dingin. Aku awalnya menduga itu adalah ubur-ubur yang dikunyah sebagian oleh kura-kura atau sejenis koral laut aneh," kata akun Destiny Hetz menjelaskan perihal 'Babi Laut'.

Disebutkan bahwa pada bulan November lalu lusinan makhluk laut terbawa ke pantai Hilton Head, South Carolina. Saat itu situs pariwisata HiltonHead.com berasumsi bahwa ini berkaitan dengan badai yang sebelumnya terjadi.


HiltonHead.com juga menyebut bahwa tunicate mendapatkan julukannya sebagai 'babi laut' karena kemiripannya dengan wujud daging babi yang diasinkan, yang populer dibuat dari fatback (lemak keras di antara belakang kulit dan daging babi). 'Babi laut' itu dikatakan memiliki kecenderungan terhanyut ke pantai setelah badai.

Tunicate/tunicata sendiri juga disebut sebagai Urochordata. Makhluk-makhluk ini lazim hidup dengan menempel secara diam pada bebatuan di dasar lautan penjuru dunia. Ada pula yang hidup sebagai plankton.

Makhluk laut itu juga bermanfaat sebagai sumber protein hewani dan pelengkap komponen biotik laut. Penelitian ilmuwan dalam beberapa tahun terakhir bahkan menemukan bahwa rambut halus spesies tersebut berpotensi memperbaiki kerusakan otot pada manusia.



Simak Video "Bapak dan Dua Anaknya Tewas Tenggelam di Pantai Tanjung Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA