Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Jan 2020 12:16 WIB

TRAVEL NEWS

Arab Saudi Pugar 30 Masjid Bersejarah

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Masjid bersejarah di Arab Saudi yang telah direstorasi (@scthKSA /Twitter)
Riyadh -

Pariwisata Arab Saudi terus digarap dengan serius. Yang terbaru, sekitar 30 masjid bersejarah di sana telah dipugar.

Lewat proyek khususnya, Pangeran Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) baru saja menyelesaikan pemugaran atau restorasi 30 masjid bersejarah Arab Saudi fase pertama. Seperti diberitakan media Arab News, proyek itu diketahui telah menelan dana sebesar USD 13 juta atau setara Rp 177 miliar.

Dalam tahap pertama tersebut, sekitar 30 dari total 130 masjid bersejarah di Arab Saudi telah direstorasi dalam tempo waktu 423 hari. Tak tanggung-tanggung, Pangeran MBS juga menggandeng perusahaan Saudi yang khusus menangani pemugaran bangunan bersejarah.

Kini, pihak Kerajaan Arab Saudi diketahui tengah menaruh perhatian untuk merenovasi masjid bersejarah di sana yang telah ditutup selama lebih dari 40 tahun terkait kondisinya yang memprihatinkan.

30 Masjid Bersejarah Arab Saudi Telah DirestorasiMasjid di Arab Saudi yang tidak terawat (@scthKSA /Twitter)

Tak hanya dipugar, sejumlah masjid bersejarah itu juga diberi tambahan fasilitas umum seperti ruang ibadah wanita, servis untuk kaum difabel, pendingin ruangan, lampu dan lainnya.

Beberapa yang diketahui telah dipugar adalah Masjid Jarir al Bajali di Taif yang dibangun pada zaman sahabat Nabi Mohamad, Jarir bin Abdullah al Bajali serta Masjid Sheikh Abu Bakar yang telah berdiri lebih dari 300 tahun pada masa Pemerintahan Al Aqsa.

Diketahui, ke 30 masjid itu telah menerima kunjungan para peziarah sejak 27 Desember 2019 lalu. Adapun proyek itu bertujuan untuk menjaga warisan kebudayaan Islam dan arsitektur bangunannya.



Simak Video "Kedubes Arab Saudi di Belanda Ditembaki!"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA