Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 25 Jan 2020 05:30 WIB

TRAVEL NEWS

Jangan Keramas Saat Imlek

Kris Fathoni W
detikTravel
Menurut tradisi, keramas atau cuci rambut tabu dilakukan saat Imlek. (Foto: iStock)
Jakarta -

Menurut tradisi, ada sejumlah hal yang tabu untuk dilakukan ketika Tahun Baru Imlek. Salah satunya adalah larangan untuk keramas alias cuci rambut.

Melansir CNN.com, aktivitas keramas adalah salah hal yang tabu untuk dilakukan pada saat Imlek, secara khusus pada hari pertama Tahun Baru China. Dalam aksara China, karakter 'rambut' sama dengan karakter pertama fa dalam kata facai yang bisa dimaknai 'kemakmuran'.

"Artinya, keramas atau potong rambut lazim dianggap melunturkan peruntungan dan besar-besaran mengurangi kesempatan meraih kesejahteraan setahun ke depan."

Bahkan, masih merujuk ke CNN.com, kalangan yang lebih tradisional juga menganggap bahwa mandi pun merupakan hal tabu pada hari pertama Tahun Baru Imlek dengan alasan serupa.

Hal serupa disebutkan dalam artikel di ChinaHighlights.com. Tak cuma keramas yang tabu untuk dilakukan saat Tahun Baru Imlek, tapi juga cuci baju.

"Orang-orang tidak mencuci baju di hari pertama dan kedua (Imlek) karena dua hari ini dirayakan sebagai kelahiran Shuishen (Dewa Air)," sebut artikel itu.



Simak Video "Laris Manis Kue dan Pernak-pernik Khas Imlek di Pasar Atom Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA