Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 25 Jan 2020 15:35 WIB

TRAVEL NEWS

Turis Curi Ganja dari Kotak Pembuangan di Bandara

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Ganja yang sudah dibuang ke kotak amnesti ganja justru dicuri turis. (Foto: iStock)
Jakarta -

Pada awal Januari lalu, dua bandara di Chicago yaitu Bandara Internasional O'Hare dan Bandara Midway telah memasang instalasi yang disebut Cannabis Amnesty Boxes atau Kotak Amnesti Ganja. Kotak ini berfungsi untuk membuang ganja yang dibawa penumpang sebelum mereka naik pesawat.

Parahnya, belum sebulan dipasang, Polisi Chicago melaporkan seorang turis yang datang dari Bandara Midway berhasil mencuri ganja dari salah satu kotak pada Rabu (22/1/2020).

Dari laporan NBC5, Polisi mendapati ganja yang ada di dalam kotak amnesti hilang sekitar pukul 8 malam. Usai meninjau rekaman pengawasan, polisi melihat seorang pria yang diyakini sebagai penumpang, mengambil ganja dan melarikan diri dengan ganja curiannya.

Ganja curian itu bukanlah ganja miliknya melainkan penumpang lain yang sebelumnya sudah membuang ganja miliknya setelah pemeriksaan keamanan. Siapapun seharusnya tak boleh mengakses isi kotak amnesti kecuali pihak berwajib. Sampai hari Jumat (24/1/2020), pelaku pencurian itu belum ditemukan.

Terkait kejadian ini, polisi memberikan himbauan sebagaimana diwartakan Fox News.

"Cannabis Amnesty Boxes telah ditempatkan di Bandara Chicago sehingga para pelancong memiliki kesempatan untuk memastikan kepatuhan dengan hukum federal, serta hukum setempat di tempat tujuan mereka."

"Merusaknya, atau berusaha untuk mengambil apapun yang ditempatkan di dalamnya, adalah kejahatan, dan detektif sedang menyelidiki masalah ini,"kata Anthony Guglielmi, kepala komunikasi dengan Kepolisian Chicago.

Lebih lanjut, pihak kepolisian juga menginformasikan bahwa kotak amnesti yang saat digunakan akan digantikan dengan kotak permanen.

"Sementara itu, kotak permanen yang bisa mencegah pencurian diharapkan dapat menggantikan kotak saat ini dalam beberapa minggu mendatang, membuat kotak-kotak lebih aman dan mencegah siapa pun mengakses barang-barang yang ada di dalam."

[Gambas:Instagram]

Kotak amnesti itu dipasang pada 1 Januari 2020 lalu, bertepatan dengan legalisasi ganja rekreasional di Illinois. Setelah dipasang di Bandara Midway dan O'Hare, Chicago, pihak Departemen Penerbangan Chicago dan polisi Chicago akan bertanggung jawab untuk mengawasi, mengosongkan, dan membuang bahan terlarang yang ditemukan dalam 12 kotak.

Transportation Security Administration (TSA) sebelumnya menjelaskan kendati kepemilikan dan pengonsumsian ganja di Amerika Serikat (AS) adalah legal, ganja tidak dapat dibawa dalam penerbangan. TSA dan kepolisian merujuk pada regulasi penerbangan yang diatur pemerintah federal yang mengatakan bahwa membawa narkotika dalam penerbangan itu ilegal.

Bandara Midway dan O'Hare bukanlah yang pertama memasang kotak pembuangan ganja. Sebelumnya, Bandara Internasional McCarran di Las Vegas dan Bandara Colorado Springs di Colorado juga telah memasang kotak amnesti bagi penumpang yang membawa ganja dalam penerbangan.



Simak Video "BNN Musnahkan 10,5 Hektare Ladang Ganja"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA