Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Jan 2020 16:35 WIB

TRAVEL NEWS

Black Mamba, Ular Berbisa, dan Mendiang Kobe Bryant

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Kobe Bryant (Photo by Sean M. Haffey/Getty Images)
Jakarta -

Legenda NBA, Kobe Bryant, telah berpulang. Dalam karier basketnya, pemilik jersey bernomor 24 ini menyandang julukan sebagai Black Mamba: akurat, sangat agresif, dan mematikan.

Ikon LA Lakers itu berpulang di usia 41 tahun akibat kecelakaan helikopter di Calabasas, AS. Kobe Bryant meninggal dunia bersama dengan sang putri, Gianna Maria-Onore Bryant, sepulang latihan basket di Corona del Mar.

Berbicara tentang sang legenda, memang tak lepas dari julukannya yang masyhur: Black Mamba. Kobe Bryant sendiri yang memilih julukan ini pada tahun 2003 silam. Ada alasan khusus mengapa Kobe Bryant memilih nama jenis ular berbisa itu sebagai julukannya.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Senin (27/1/2020), julukan Black Mamba yang dipilih Kobe memang merujuk pada sosok ular Black Mamba yang terkenal sangat berbisa. Bisanya Mamba dikenal sangat mematikan, nomor 2 paling mematikan setelah King Cobra.

Black Mamba, Ular Paling Berbisa, dan Mendiang Kobe BryantUlar Black Mamba yang mematikan. (Foto: iStock)


Dalam buku biografinya bertajuk 'Muse', Kobe Bryant menceritakan bagaimana awal mula dia melabeli dirinya sebagai Black Mamba. Di medio 2003-2004, Kobe tersangkut masalah pelecehan seksual. Dia dituduh melecehkan perempuan berusia 19 tahun dari Colorado, AS.

Padahal saat itu, Kobe Bryant sudah menikah dengan istrinya yang sekarang, Vanessa. Tertimpa masalah seperti itu membuat Kobe sedikit 'down' dan berpengaruh kepada performanya di lapangan.

Tak ingin berlarut-larut dalam masalah, Kobe Bryant mencoba bangkit dan fokus dalam basket. Kobe akhirnya menciptakan persona Black Mamba, sebagai jalan keluarnya untuk memisahkan kehidupan pribadinya dengan karier sebagai bintang NBA.

"Persetan dengan semua orang. Saya akan menghancurkan semua orang yang berada di lapangan. Tidak ada siapapun yang akan menghentikan saya," tulis Kobe Bryant di bukunya.

Black Mamba, Ular Paling Berbisa, dan Mendiang Kobe BryantFoto: Pool


Sebelum menyebut dirinya sebagai Black Mamba, Kobe Bryant terlebih dahulu melakukan riset dengan membaca-baca mengenai ular tersebut. Black Mamba dideskripsikan sebagai ular yang sangat mematikan, sangat agresif jika terancam, dan masuk dalam jajaran ular paling mematikan sedunia.

"Black Mamba punya tingkat keakuratan yang mendekati sempurna saat menyerang mangsanya, dan keakuratan itulah yang saya ingin tiru dalam basket," kata Kobe Bryant.

Selain itu, Kobe Bryant juga terinspirasi dari film 'Kill Bill' karya sutradara top, Quentin Tarantino. Kobe terinspirasi dari salah satu karakter pembunuh yang berjuluk 'Black Mamba' di film yang dibintangi Uma Thurman itu.

Black Mamba, Ular Paling Berbisa, dan Mendiang Kobe BryantBlack Mamba yang jadi inspirasi Kobe Bryant. (Foto: iStock)


"Saya membaca tentang hewan itu, dan berkata 'Wow, sangat keren'. Deskripsi ini sangat sempurna untuk menggambarkan permainan basket yang saya inginkan," imbuh Kobe.

Jadilah Kobe Bryant menyebut dirinya sebagai Black Mamba, seperti yang kita kenal sekarang. Julukan itu sangat akurat untuk menggambarkan permainannya dengan jersey LA Lakers: cepat, akurat, dan mematikan di lapangan.

Selamat jalan, Kobe Bryant. Selamat jalan, Black Mamba.



Simak Video "Istri Tulis Pesan Haru atas Meninggalnya Kobe Bryant dan Gianna"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA