Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Jan 2020 17:12 WIB

TRAVEL NEWS

Antisipasi Virus Corona, Beberapa Tempat Wisata Tutup Sementara

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
taman rekreasi
Foto: Disneyland Hong Kong (Widi Arini/d'Traveler)
Hong Kong -

Akibat virus corona, beberapa tempat wisata di China ditutup. Pemerintah Hong Kong bahkan menutup semua tempat rekreasi publik sampai keadaan aman.

Dilansir dari CNN, pemerintah Hong Kong menetapkan penutupan pada semua fasilitas budaya dan rekreasi publik sampai pemberitahuan lebih lanjut. Penetapan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam, mengatakan bahwa penutupan itu akan berlaku "sementara". Kota Hong Kong, imbuhnya, juga memangkas jumlah visa turis yang dikeluarkan dari daratan China dan mengurangi separuh jumlah penerbangan yang masuk dari sana.

Tempat wisata yang ditutup berupa pusat olah raga, kolam renang, pantai, museum, tempat pertunjukan dan beberapa perpustakaan umum. Operasi di Stasiun Kereta Kewloon Barat Hong Kong yang mengoperasikan layanan kereta kecepatan tinggi ke daratan juga akan ditutup.

Layanan penumpang akan ditangguhkan sementara di perlintasan perbatasan Hung Hom, Sha Tau Kok, dan Man Kam To. Untuk transportasi lainnya, Cariie Lam juga mengurangi jumlah bis yang masuk dari daratan serta menangguhkan layanan feri lintas batas.

Beberapa waktu lalu, Disneyland Hong Kong dan Shanghai Disney Resort lebih dulu tutup akibat virus berbahaya ini. Belum diketahui secara pasti kapan kawasan wisata ini akan dibuka kembali. Perayaan Tahun baru China di sejumlah tempat seperti Beijing, Shanghai dan Hongkong pun batal.

Taman hiburan saingan Disneyland, Hong Kong Ocean Park juga mengumumkan penutupan sementara. Cariie Lam menghadapi kritik dan seruan untuk menghentikan dan membatasi kedatangan para pengunjung dari daratan China.

Ternyata, tak hanya kota Hong Kong yang menutup tempat wisatanya. Museum Nasional China, Kota Terlarang di Beijing dan Tembok Besar China yang terletak di luar Beijing pun ditutup.

Menurut Orange County Register, China juga telah memberikan pembatasan perjalanan setidaknya di 11 kota, yang akhirnya mencegah lebih dari 30 juta orang menggunakan kereta api, bis dan jalan -jalan tertentu. Sejumlah film Tiongkok yang direncanakan tayang perdana selama liburan pun telah ditunda. Restoran ternama juga telah menutup gerainya di lima kota China.

Penyebaran Coronavirus telah menjadi perhatian dunia. Di Asia, banyak negara yang telah melakukan pemeriksaan tambahan di bandara dan memperingatkan warga untuk menghindari perjalanan ke China. Di Utara China, Mongolia memberlakukan pemeriksaan ketat terhadap para wisatawan yang datang ke negara itu. Sementara Hong Kong telah melarang semua pengunjung dari Wuhan.

Indonesia dan Filipina pun telah memberlakukan pembatasan tambahan kepada wisatawan Tiongkok. Sementara Jepang telah meningkatkan responnya yang mengajak pemerintah untuk memperhatikan kasus-kasus yang mencurigakan untuk dirawat di rumah sakit dan melalui pemeriksaan.



Simak Video "Menjajal Wisata Virtual di Indonesia Sambil #JagaJarakDulu"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA