Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Jan 2020 10:24 WIB

TRAVEL NEWS

Netizen Sindir 'Gunung Lancip' Borobudur di IG Kemenparekraf

Bonauli
detikTravel
Candi Borobudur Foto Aneh
Foto: (Instagram/indtravel)
Jakarta -

Sebuah foto Candi Borobudur sedang ramai di dunia maya. Unggahan tersebut banjir komentar netizen yang membahas penampakan gunung lancip di latar Borobudur.

Akun Instagram resmi Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) mengunggah sebuah foto Borobudur untuk promosi keindahan Indonesia. Dengan nama @indtravel, Borobudur yang sudah indah itu pun tampak kian jelita dan megah.

Namun, tak sedikit netizen yang terusik dengan di latar Borobudur. Foto yang tampak diambil dengan drone dari posisi pengambilan cukup tinggi itu turut memperlihatkan sebuah gunung yang menjulang tinggi dengan bagian puncak lancip.

Diintip detikcom dari akun Instagramnya, Kamis (30/1/2020), kolom komentar posting foto itu pun ramai komentar. Banyak yang bertanya-tanya mengenai identitas gunung lancip itu, kenapa bentuknya bisa sedemikian menjulang ketika perspektif foto diambil dari ketinggian, sampai dugaan bahwa foto ini adalah hasil olah digital.

Foto tersebut diketahui milik fotografer bule dengan nama akun @jerre_stead. Admin akun @indtravel mengaku merepost foto Borobudur sesuai dengan potongan rekaman yang diambil dari drone fotografer.

[Gambas:Instagram]


"Ngedit kaga kira2 dah, kalo akun pribadi gpp deh kreatif ngedit, lah ini akun rsmi gw gagal paham," sebut influencer kondang akun Marischka Prudence dalam balasan dengan akun @lostpacker.

"Admin, gunung yang menjulang sangat tinggi di depan Borobudur itu namanya apa? Can you name it? (Jangan malu-maluin ah)," komen akun @nhdayat.

Foto: (Instagram)


Borobudur memang memiliki pemandangan gunung sebagai latarnya. Tapi keberadaan 'gunung lancip' ini membuat netizen bertanya-tanya. Gunung apakah itu?

"Di Borobudur ndak ada gunung seperti itu.. Gunung Merapi pun ga selangsing itu," sambar akun @maya.supra.

Foto: (Instagram)


"Gunung editan," ujar akun @rasydmu.

Banyak netizen yang menyebut kalau deretan gunung dibalik Borobudur tak sama dengan apa yang diunggah oleh akun Kemenparekraf. Ada pula yang menilai bahwa olah digital sebenarnya sah-sah saja, walaupun lebih pas buat akun pribadi alias kurang patut untuk sebuah akun resmi wisata seperti Kemenparekraf.

Foto: (Instagram)

Foto: (Instagram)


"Keterlaluan fakenya.. maaf ya.. kalo posting mending yang real saja. Karena bisa berdampak pada kekecewaan para pelancong yang datang apabila terlanjur percaya dengan yang di posting. Sudut ini diambil dari sisi tenggara,, langan yang di sisi lain itu adalah barat laut.. dan itu maksudnya Gunung Merapi?? Hmm salah arah.. dan perbukitan menoreh juga gak ada di sana.." komen akun @herdana_n.w.

Postingan ini bukan hanya ramai di Instagram, media sosial seperti Twitter pun ramai membahasnya. Gunung aneh di balik Borobudur ini sampai membuat fotografer kondang Arbain Rambey ikut berkomentar.



"Sampek nungging pun, gak akan dapat gambar gunung dekat Borobudur," cuit Arbain Rambey.

Sampai berita ini diterbitkan, sudah ada 462 akun yang berkomentar di postingan milik Kemenparekraf.



Simak Video "Antisipasi Erupsi Merapi, Stupa Candi Borobudur Ditutup Terpaulin"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA