Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 31 Jan 2020 13:45 WIB

TRAVEL NEWS

Tetap Pasang Foto Gunung 'Lancip' Borobudur, Kemenparekraf?

Afif Farhan
detikTravel
Candi Borobudur Foto Aneh
Foto: (Screenshot Instagram indtravel)
Jakarta -

Postingan Instagram resmi Kemenparekraf soal gunung 'lancip' di Candi Borobudur masih jadi perbincangan. Sekalipun jadi polemik, sejauh ini belum ada indikasi foto akan diganti.

Diposting pada hari Rabu (29/1) kemarin, Instagram resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menampilkan foto Candi Borobudur yang tampak ganjal. Dipotret dengan drone, terlihat lanskap Candi Borobudur.

Sangat indah candinya, tapi tidak pada bagian belakangnya. Background Candi Borobudur dalam foto itu terdapat suatu gunung yang tinggi menjulang bak lancip puncaknya.



[Gambas:Instagram]



Hingga Jumat ini (31/1/2020) postingan foto tersebut sudah dikomentari 1.000-an netizen. Banyak yang meminta untuk menghapus atau mengganti fotonya.

Bahkan, beberapa pelaku wisata sampai Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut mempertanyakan foto tersebut. Intinya fotonya bagus dan gunungnya memang ada, tapi gunungnya tidak selancip yang ada di fotonya.



Hal senada juga disampaikan Firmansyah atau biasa disapa Firman. pelaku dan penggiat wisata di Borobudur. Dia menyayangkan, mengapa Instagram resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreratif yang notabenya sebagai sarana promosi pariwisata Indonesia, memakai foto gunung 'lancip' tersebut.

"Bagi saya, mungkin harus lebih berhati-hati untuk promosi terkait wisata kelas dunia, terlebih karena Borobudur adalah kawasan prioritas di Indonesia, berkaitan dengan gambar mungkin alangkah baiknya ditarik kembali dan diganti dengan yang sesuai pada kenyataannya," terangnya.

Firman yang juga memiliki Janaka Tour & Travel serta pengelola Kampoeng Wisata Borobudur Village Tour menegaskan, tidak ada gunung selancip sesuai yang diposting Instagram Kemenparekraf. Padahal sejatinya, gunung-gunung di sekitar Candi Borobudur begitu indah kalau difoto dan malah sudah jadi destinasi wisata.

"Ada sekitar 3 gunung besar (Merapi, Merbabu, Sumbing,) 1 pegunungan (Menoreh), dan 2 gunung kecil (Andong & Telomoyo)," kata Firman.



Kalau dari sudut atau angle yang difoto sesuai yang diposting oleh Instagram kemenparekraf, itu gunung apa ya?

"Dari sudut sesuai yang difoto, itu adalah Gunung Sumbing. Di belakang Gunung Sumbing ada Gunung Sindoro," jawab Firman.

Firman kembali menekankan, tidak ada gunung 'lancip' di sekitar Candi Borobudur. Yang dia takutkan adalah, nantinya wisatawan dalam dan luar negeri merasa kecewa saat datang ke Candi Borobudur, karena tidak melihat gunung sesuai yang diposting oleh Instagram Kemenparekraf.

"Nyatanya tidak ada gunung 'lancip' seperti itu. Awalnya saya kira Merapi, tapi dari angle itu ternyata Sumbing," tutupnya.



Simak Video "Mulai Hari Ini, Pengunjung Borobudur Cuma Bisa Naik sampai Lantai 8"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA