Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Feb 2020 07:10 WIB

TRAVEL NEWS

Ketumpahan Air Panas di Pesawat, Kamu Bisa Tuntut Maskapai

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Ilustrasi Pramugari
Foto: Ilustrasi pramugari (iStock)
Jakarta -

Malang memang tak bisa ditolak. Tapi bila kamu ketumpahan air panas saat di pesawat, kamu bisa menuntut pihak maskapai untuk mendapat kompensasi.

Court of Justice of the European Union (CJEU) alias Pengadilan Uni Eropa menerbitkan sebuah keputusan hukum yang disambut baik oleh para traveler. Keputusan ini berhubungan dengan kasus sengketa hukum antara pihak maskapai dan penumpang yang ketumpahan air panas.

Dirangkum detikTravel, Senin (3/2/2020), ceritanya seorang gadis cilik yang tidak disebutkan identitasnya terpaksa menderita luka bakar akibat ketumpahan air panas saat pramugari maskapai Niki Luftfahrt hendak menyajikan kopi untuk ayahnya.

Pihak keluarga si gadis tidak terima akibat insiden tersebut dan menuntut pihak maskapai di pengadilan. Pihak maskapai Niki pun membela diri. Menurut pihak maskapai, insiden tersebut tidak termasuk 'air disasters' yang disebutkan dalam Konvensi Montreal.


Konvensi Montreal sendiri menyebutkan bahwa penumpang pesawat berhak mendapatkan kompensasi atas insiden berbahaya yang melibatkan dunia penerbangan, seperti contohnya delay, kerusakan bagasi hingga kecelakaan.

Tapi keputusan CJEU berpihak kepada si gadis. Pengadilan memutuskan pihak maskapai bersalah atas insiden tersebut dan harus membayar kompensasi terhadap korban.


Tapi situasi tersebut bisa berubah, jika pihak maskapai bisa membuktikan bahwa penumpang tersebut ikut berkontribusi atau menyebabkan insiden tersebut.

Insiden penumpang ketumpahan air panas sebelumnya pernah terjadi juga di tahun 2017. Penumpang yang jadi korban akhirnnya menang gugatan dan mendapat kompensasi hingga 9.000 Pounds (setara Rp 159 jutaan).



Simak Video "Jasad 11 Korban Pesawat Ditembak Iran Dipulangkan ke Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA