Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Feb 2020 12:50 WIB

TRAVEL NEWS

Turis China Berdiam di Rumah, Pariwisata Dunia Terpukul

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Police officers stand guard as protesters stage a rally calling for a ban on Chinese people entering South Korea in front of the Chinese embassy in Seoul, South Korea, Tuesday, Feb. 4, 2020. The death toll in mainland China from the new type of virus has risen to 425, with the total number of cases now standing at 20,438, officials said Tuesday. (AP Photo/Ahn Young-joon)
Ilustrasi turis China terimbas virus corona (Foto: AP Photo/Ahn Young-joon)
Jakarta -

Turis China begitu bermakna bagi industri pariwisata dunia. Virus corona bikin industri pariwisata dunia terpukul karena orang-orang China berdiam di rumah.

Diberitakan CNN, salah satu yang merasakannya yakni Bill Egerton. Ia menjalankan agen travel bernama Koala Blue di Queensland, Australia selama 25 tahun terakhir dan merasakan hilangnya pemesanan 15 tur dari China karena virus corona di bulan ini.

"Pasar Cina sekitar 10-20% dari bisnis saya. Saya pikir pemerintah federal tidak benar-benar memahami hilangnya pendapatan dan dampaknya pada bisnis. Taman hiburan akan menderita, hotel-hotel akan menderita, itu kelompok besar bisa mencapai 20 hingga 500 orang. Sejauh ini, China adalah pasar terbesar untuk pariwisata di luar negeri," kata dia.

Gold Coast merupakan tujuan wisata terkemuka di Australia dan turis China adalah pasar terbesar dan paling berharga. Mereka menghabiskan USD 1,6 miliar pada 2019.

Totalnya, Australia menyambut 9,45 juta turis hingga November 2019. Dari jumlah itu, 1,4 juta berasal dari Cina dan menyumbang pemasukan sekitar USD 8,2 miliar.

Bill merupakan salah satu agen travel Australia yang merasakan dampak penurunan dramatis dari wisatawan China. Virus corona di Wuhan yang diidentifikasi pada Desember 2019 adalah penyebab terpukulnya industri wisata dunia.

China adalah pasar terbesar turis di dunia. Jumlah turisnya meroket dari total 4,5 juta pada tahun 2000 menjadi 150 juta orang pada 2018.

Selanjutnya, peningkatan turis China:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4
BERITA TERKAIT
BACA JUGA