Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Feb 2020 13:20 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Suasana Pembatasan Pengunjung di Lantai 8 Candi Borobudur

Eko Susanto
detikTravel
Candi Borobudur sampai lantai 8
Foto: (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Candi Borobudur tak lagi bebas. Hanya akan bisa berkunjung sampai lantai 8 saja, begini suasana di area Candi Borobudur.

Mulai tanggal 13 Februari 2020, pengunjung Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, akan dibatasi hingga lantai 8. Tangga naik menuju lantai 9 dan 10 dijaga petugas serta dipasang papan pengumuman.

Berdasarkan pantauan detikTravel, para pengunjung biasa saja naik hingga lantai 8. Sedangkan di lantai 9 dan 10 terlihat tidak ada pengunjung sama sekali. Di tangga naik di menuju lantai 9 dan 10 ini dipasang papan pengumuman. Papan pengumuman ini dikeluarkan Balai Konservasi Borobudur yang tertulis pula karena sedang dilakukan kegiatan monitoring.



Salah satu pengunjung dari Jogja, Restu J mengaku, awalnya sempat terkejut dengan adanya pembatasan pengunjung hanya sampai lantai 8. Kemudian, setelah mendapatkan pemahaman dari petugas bisa memahaminya.

Ini Suasana Pembatasan Pengunjung di Lantai 8 Candi BorobudurFoto: (Eko Susanto/detikcom)



"Awalnya, kami sempat terkejut ada papan pengumuman. Tapi, ini upaya yang bagus untuk menjaga kelestarian cagar budaya," ujarnya saat ditemui di lantai 8 Candi Borobudur, Kamis (14/2/2020).

Kepala Balai Konservasi Borobudur (BKB) Tri Hartono mengatakan, pembatasan wilayah kunjungan di areal Arupadatu Candi Borobudur pada lantai 9 dan 10. BKB juga sudah menyampaikan surat perihal pembatasan kunjungan sampai lantai 8 kepada GM Manohara dan GM Candi Borobudur.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA