Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Feb 2020 23:37 WIB

TRAVEL NEWS

Gunung Merapi Waspada, Jarak Bahaya 3 Kilometer

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Tagar #Merapi masuk di daftar trending topic Twitter sejak pagi hingga siang hari ini. Ada apa dengan Gunung Merapi?
Ilustrasi Gunung Merapi (Foto: Dok Sugeng Bambang/Pegiat wisata Gunung Merapi)
Jakarta -

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan hasil terbaru pantauan Gunung Merapi. Gunung ini masih berbahaya di radius tiga kilometer.

Dilihat dari Instagram resmi BPPTKG, Jumat (14/2/2020), laporan aktivitas Gunung Merapi dirapel dari tanggal 7-13 Februari 2020. Dalam poin pertama disebut bahwa kubah lava saat ini dalam kondisi stabil.

"Tingkat aktivitas Waspada (Level II).⁣ Rekomendasi jarak bahaya tiga kilometer dari puncak. Di luar radius tersebut masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa," jelas BPPTKG.

Gunung Merapi masih berbahaya untuk didekati. Karena, gunung ini masih berpotensi mengeluarkan wedhus gembel.

"Potensi bahaya saat ini berupa awan panas dari runtuhnya kubah lava dan lontaran material vulkanik dari letusan eksplosif," imbuh BPPTKG dalam unggahannya.⁣

[Gambas:Instagram]

Gunung Merapi erupsi pada Kamis pagi. Erupsi yang terjadi pada pukul 05.16 WIB menimbulkan kolom erupsi setinggi 2.000 meter. Hujan abu mulai turun di lereng Merapi kawasan Sleman DIY. Erupsi ini tidak mempengaruhi jadwal penerbangan di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta.

"Untuk sementara penerbangan di bandara (Adisutjipto) masih normal," ujar GM PT AP 1 Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama kepada wartawan melalui pesan singkat, Kamis (13/2).



Simak Video "Detik-detik Gunung Merapi Erupsi"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA