Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Feb 2020 20:16 WIB

TRAVEL NEWS

Selain Wisata Sejarah, Kota Tua Juga Mau Jadi Tempat Kumpul-Kumpul

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Museum Fatahillah terletak di kawasan Kota Tua, Jakarta. Kini museum tersebut lebih bersih dan keren. Begini penampakannya.
Suasana di Taman Fatahillah Kota Tua (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Selain Kepulauan Seribu, destinasi wisata di Jakarta yang masuk dalam 10 kawasan prioritas pariwisata nasional adalah Kota Tua. Destinasi wisata yang juga dikenal sebagai Old Batavia ini menyimpan sejarah Jakarta lewat berbagai bangunan yang masih kokoh berdiri di sana seperti, Museum Fatahillah, Museum Wayang, dan Museum Bank Indonesia.

Untuk memaksimalkan potensi wisata Kota Tua, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) akan mendorong pengembangan situs sejarah yang telah eksis di sana.

"Kota Tua kita memang lagi banyak penataan ke depannya. Saat ini masih banyak gedung-gedung yang masih idle atau yang nggak berfungsi secara baik, ya. Itu kita terus motivasi pada pemiliknya untuk melakukan aktivitas," kata Kepala Disparekraf DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia ketika ditemui detikcom, beberapa waktu lalu.

Wisatawan biasanya memadati Kota Tua pada akhir pekan.Wisatawan umumnya memadati Kota Tua pada akhir pekan. (Foto: Ari Saputra)

Selain menjaga eksistensi wisata sejarah di Kota Tua, Cucu juga menjelaskan bahwa pihaknya akan mengembangkan aktivitas wisata yang dapat dilakukan di kawasan tersebut. Salah satunya dengan menjadikannya sebagai tempat berkumpul untuk masyarakat.

"Perkembangannya (Kota Tua) cukup banyak sekarang. Sudah ada tempat baru di Kota Tua yang jadi tempat nongkrong, tempat makan dan tempat-tempat selfie baru di sana," ujarnya.

"(Kota Tua) menjadi tempat ruang kumpul di masyarakat tanpa memandang strata tentunya. Dan orang ke sana tidak hanya wisata sejarah saja tentunya tapi mencari tempat-tempat iconic. Terus banyak juga kuliner yang istimewa di sana, kayak kita mungkin kalau pernah makan di Cafe Batavia ,itu sangat unik di dalamnya,"lanjutnya.

Dari pantuan detikcom ketika beberapa kali berkunjung ke Kota Tua, tempat ini memang selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama pada saat akhir pekan. Di area Taman Fatahillah misalnya, banyak orang yang berkeliling taman dengan menyewa sepeda. Selain itu juga ada pertunjukan musik jalanan yang juga menyedot perhatian wisatawan. Berbagai seniman manusia patung juga meramaikan kawasan Kota Tua.

Dalam pengembangan Kota Tua sendiri, Cucu mengungkapkan masih ada sejumlah hal yang harus diselesaikan agar tempat ini menjadi lebih ramah wisatawan.

"Tapi masih banyak PR (pekerjaan rumah) lah, tentunya seperti penertiban kaki lima yang masih semrawut. Itu tantangan ke depan," ungkap Cucu.

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Mengenal Wisata Kota Tua, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA