Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Feb 2020 16:25 WIB

TRAVEL NEWS

Virus Corona Mewabah, Amankah Naik Cruise?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Jumlah orang yang positif virus corona di kapal pesiar Diamond Princess di Jepang bertambah jadi 218 orang. Sebelumnya diketahui ada 175 orang positif virus itu
Kapal pesiar Diamond Princess di Yokohama, Jepang (Foto: Getty Images/Carl Court)
Jakarta -

Amankah naik kapal pesiar saat virus Corona mewabah seperti sekarang? Mari kita belajar dari kasus Diamond Princess yang hingga kini dikarantina di Yokohama, Jepang.

Dilansir CNN, industri pelayaran berada dalam pengawasan yang ketat. Penumpang di seluruh dunia khawatir akan kejadian di atas.

Terbaru, kapal pesiar Westerdam yang dioperasikan Holland America Line berulang kali ditolak meskipun tidak ada kasus virus Corona di deknya. Ada empat negara di Asia yang menolaknya bersandar, 1.455 penumpang terus berlayar hingga akhirnya berlabuh di Kamboja.

Situasi tersebut bikin beberapa operator kapal pesiar membatalkan pelayaran di wilayah Asia. Mereka mengajukan destinasi lainnya.

"Saya pikir ada risiko yang sangat rendah terkena virus Corona di kapal pesiar," kata Dr. John Lynch, spesialisis penyakit menular dari Fakultas Kedokteran Universitas Washington.

Sebagian besar kasus berpusat di sekitar Provinsi Hubei, China. Di sana ada upaya penyaringan besar-besaran untuk membendung penyebaran virus, kata Lynch.

Kekhawatiran harus melihat fakta bahwa operator kapal pesiar juga memperhatikan dengan seksama dari mana penumpang datang dan menanggapi ancaman virus Corona dengan sangat serius.

Kapal pesiar westerdamKapal pesiar Westerdam di Kamboja (Foto: AP Photo/Heng Sinith)

"Aku tidak akan ragu untuk naik kapal pesiar, jika itu yang ingin kamu lakukan," kata Lynch.

Salah satu redaktur Cruise Critic juga menyatakan hal serupa. Ia tak ragu untuk naik kapal pesiar meski ada wabah virus Corona.

"Hanya ada satu kapal di luar sana yang dijangkiti virus Corona. Adalah Diamond Princess dan itu sedang dikarantina di Jepang sekarang," kata Chris Gray Faust, managing editor Cruise Critic.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA