Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Feb 2020 17:10 WIB

TRAVEL NEWS

Wah, Pustakawan Ini Sudah Bekerja Selama 34 Tahun!

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Perpusatakaan Erasmus Huis
Foto: Rina Tjokorde (Tasya/detikcom)
Jakarta -

Perpustakaan Instagramable kini banyak diganderungi kaum milenial. Berdiri sejak 1981, Erasmus Huis punya pustakawan yang sudah bekerja selama 34 tahun.

Saat memasuki perpustakaan Erasmuis yang terletak di Kedutaan Besar Belanda, pengunjung biasanya akan disapa dengan kepala perpustakaan. Namanya Rina Tjokorde, wanita berumur 58 tahun ini sudah bekerja di Erasmus sejak tahun ke 5 perpustakaan ini dibangun.

Lulus dari Jurusan Sastra Belanda UI, Rina sudah cakap berbahasa Belanda, tak jarang para pengunjung mendengarnya bercakap dengan bahasa asing itu. Rina sering berbicara bahasa Belanda dalam kesehariannya.

"Ibu dari sastra Belanda UI, tamat situ langsung ibu bekerja sampai sekarang, (lancar) karena dipakai sehari hari kan," kata Rina.

Tak sedikit para pengunjung yang berfoto-foto di perpustakaan Instagrammable ini. Rina, sebagai kepala perpustakaan pun tidak pernah melarang, bahkan dia yang menawarkan para pengunjung untuk berfoto.

"Di kala dia (pengunjung) datang itu kan ibu selalu bertanya, atau dia juga kasih tau saya pertama kali ke sini atau nggak saya tanya, 'Kamu udah berapa kali ke sini?' 'pertama kali bu,' 'iya foto-foto saja boleh kok'. 'Oh boleh ya bu'. Jadi ibu yang menawarkan dan jadi kadang kadang juga nanya dulu boleh nggak foto, ibu bebasin aja asal tertib di sini, ibu suka sekali yang tertib," kata Rina.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA