Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Feb 2020 19:15 WIB

TRAVEL NEWS

4 Tahun Lagi, Traveler Bisa ke Monas Naik MRT

Herdi Alif AL Hikam
detikTravel
Pemprov DKI terus mengebut pembangunan  proyek Mass Rapid Transit (MRT), di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (22/09). Sejumlah pekerja tengah menyelesaikan pembangunan proyek Mass Rapid Transit (MRT), di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta.
Ilustrasi pembangunan MRT II di Jakarta yang akan memudahkan traveler mencapai Monas. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) fase II paket CP201, yang menyambungkan Bundaran HI menuju Harmoni, segera dimulai. Andai sudah jadi, traveler akan lebih mudah menuju Monas.

Pembangunan MRT fase II dimulai dari Bundaran HI menuju Ancol Barat. Untuk membangunnya, pengelola membagi dalam empat paket, yakni paket CP201 dari Bundaran HI menuju Harmoni, kemudian paket CP202 merupakan pembangunan terusan terowongan dari Harmoni ke Mangga Besar.

Kemudian, paket CP203 dari Mangga Besar menuju Kota Tua. Dan, paket CP204 dari Kota Tua menuju Ancol Barat yang merupakan depo. Dana untuk membangun MRT fase II itu sebesar Rp 22,5 triliun.

Khusus untuk MRT fase II paket CP201, dari Bundaran HI menuju Monas, menjadi gawe PT MRT Jakarta dan konsorsium Shimizu-Adhi Karya JV (SAJV). Nantinya, terowongan itu memiliki panjang 2,8 km dari Bundaran HI ke Harmoni.

Panjang terowongan MRT fase II dari Bundaran HI menuju Harmoni sepanjang 2,8 km. Diperkirakan pembangunan itu menghabiskan dana Rp 4,5 triliun dari pinjaman Jepang.

Untuk mendukung jalur itu, PT MRT membangun dua stasiun, yaitu Stasiun Thamrin dan Monas. Stasiun dibuat di bawah tanah.

"Ini adalah peristiwa penting menandai dimulainya pekerjaan konstruksi pembangunan terowongan dan stasiun bawah tanah dari Bundaran HI menuju ke Kota sepanjang 2,8 km. Dimulai dengan pembangunan terowongan dari Bundaran HI ke Harmoni," kata Dirut PT MRT Jakarta, William Syahbandar, di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Senin (17/2/2020).

Pembangunan MRT fase II itu dijadwalkan start pada Maret 2020 dan selesai Desember 2024.

Kemudian untuk menentukan pemborong MRT fase II tiga paket lainnya, PT MRT melakukan pelelangan dalam waktu dekat. Itu agar MRT jalur lain bisa dibangun secara paralel sesegera mungkin.

"Untuk yang selanjutnya, sedang dilelang kontraktornya. Bulan ini akan kita selesaikan yang CP 202 dan CP 203 sekalian, jadi dalam waktu dekat bisa mulai bangun," ujar William.

Untuk MRT II paket CP204, yang menghubungkan terowongan jalur di Kota Tua menuju depo di Ancol Barat, dimulai tahun depan. Lalu ada juga paket CP205 yang akan membuat sistem persinyalan kereta, dan terakhir paket CP206 akan membangun jalur keretanya.

Sampai saat ini, Jakarta baru memiliki satu jalur MRT, yakni dari Lebak Bulus hingga ke Bundaran HI. Salah satu pintu keluar Stasiun HI MRT itu terhubung dengan halte Transjakarta.



Simak Video "Akibat Corona, Proyek MRT Bundaran HI-Harmoni Molor"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA