Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Feb 2020 06:15 WIB

TRAVEL NEWS

Bukti Yunani Kuno Canggih Banget

Syanti Mustika
detikTravel
museum yunani kuno
Foto: (REUTERS/Costas Baltas)
Athena -

Penemuan teknologi Yunani Kuno membuat manusia zaman modern terkagum-kagum.

Dilansir detikcom dari Reuters, Senin (24/2/2020) kecanggihan Yunani Kuno itu disuguhkan dalam pameran di Kotsanas Museum of Ancient Greek Technology, Yunani. Beragam teknologi dari zaman Yunani Kuno. Salah satunya, robot pelayan.

Konon, robot ini merupakan pelayan otomatis Philo yang telah dirancang insinyur Yunani Kuno 2.200 tahun yang lalu (abad ke 3). Cara kerjanya simpel, pelayanan bisa menuangkan kendi dari tangan kanannya ke gelas yang berada di tangan kirinya.

Katanya, cara kerja robot ini mengandalkan mekanisme komplek yang berulang, bobot, dan tekanan udara yang memungkinkan mencairkan alkohol dengan air.

Bukti Yunani Kuno Memang CanggihMekanisme Antikythera yang berusia 2.000 tahun(REUTERS/Costas Baltas)

Selain robot ini, di museum juga ditampilkan lebih dari 100 penemuan yang memperlihatkan betapa luasnya warisan teknologi Yunani Kuno. Di sana juga ditampilkan komputer analog, jam alarm, dan pintu otomatis.

Di pameran ini juga dijelaskan dengan materi audio visual, diagram dan banyak rincian yang bisa dilihat pengunjung.

"Dengan hanya membuka kap mobil modern, kamu akan melihat baut, mur, sekrup dan pilot otomatis. Semua itu hanyalah bagian kecil dari penemuan ilmuwan Yunani Kuno," ujar Direktur Pameran, Panagiotis Kotsanas.

Penemuan lain yang tidak kalah menarik yaitu pendahulu komputer, mekanisme Antikythera yang berusia 2.000 tahun. Dengan alat ini dahulunya mereka bisa meramalkan peristiwa astronomi dan kalender.




Simak Video "Serba-serbi Merawat Spirit Dolls"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA